Jelang Pilkades Serentak 2023 Kabupaten Tasikmalaya, Puluhan Calon Kepala Desa Ikuti Tes Tulis

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Lima desa dari 67 yang menyelenggarakan Pilkades Serentak 2023 Kabupaten Tasikmalaya harus melaksanakan seleksi bakal calon kepala desa. Karena, kandidat yang mendaftar lebih dari lima orang.

Lima desa yang menyelenggarakan seleksi tulis yakni Desa Mekarsari Kecamatan Kadipaten, Desa Mekarjaya Kecamatan Padakembang, Desa Karangmukti Kecamatan Salawu, Desa Pakemitan Kidul Kecamatan Ciawi dan Desa Cintajaya Kecamatan Tanjungjaya yang terdapat sembilan bakal calon.

Ketua Panitia Pilkades Desa Karangmukti Kecamatan Salawu Dasep Irwan mengatakan, saat ini sedang mempersiapkan untuk penyelenggraan tes tulis yang rencananya tempat pelaksanaannya di kantor UPTD Kecamatam Salawu.

“Tes tulisnya hari Selasa (hari ini) tanggal 8 Agustus 2023. Pukul 09.00 WIB sudah dimulai. Nanti pengujinya dari STIA. Segala sesuatu dari mereka begitupun untuk pengumuman hasilnya juga langsung setelah diperiksa hasil pengerjaan soalnya,” ujarnya kepada Radar, Senin (7/8/2023).

Baca Juga: Buntut Tabungan Dibawa Mantan Kepsek, KPAID Kabupaten Tasikmalaya Usulkan Tabungan Siswa Ditiadakan

Hal tersebut, kata Dasep, agar penilaiannya objektif dan tidak dinanti nantikan lagi. Apalagi harus menunggu beberapa hari ke depan. Panitia ingin 100 persen objektif.

Menurutnya, untuk jumlah soal dan waktu pengerjaan soal itu diserahkan ke pihak akademisi dari STIA. Jadi setelah penutupan seremonial unsur muspika, tidak memiliki kewenangan. Tinggal menunggu hasilnya saja.

“Untuk soal-soalnya disesauikan dengan perbup. Di antaranya mulai pemberdayaan, pembangunan, budaya sosial, kemasyarakatan. Kami akan menjaga nertalitas dalam hal seleksi bakal calon kades ini. Meskipun memiliki hak pilih, namun nanti itu ketika waktunya nanti saat pemilihan kepala desa September mendatang,” ucapnya.

Dasep berharap, penyelenggaraan seleksi tulis bagi bakal calon kepala desa dapat berjalan aman, tertib dan lancar hingga selesai nanti. Kepada semua pihak ikut terlibat, sebelumnya melakukan rapat bahwa ini sistem demokrasi dan ada edukasinya.

“Kepada yang menang dan kalah, maupun yang lolos dan tidak lolos itu sudah konsekuensi. Insyaallah semua tokoh yang mencalonkan, dapat menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Desa Karangmukti,” ucapnya terkait tahapan Pilkades Serentak 2023 Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Dua Bupati di Priangan Timur Kaya Tanpa Utang, Bupati Tasikmalaya Rp 4,9 Miliar dan Bupati Ciamis Rp 15,9 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *