Harga Kelapa di Pangandaran Mulai Naik Setelah Sempat Anjlok, Petani Semringah

PANGANDARAN, RADARTASIK.ID – Harga kelapa di Pangandaran mengalami kenaikan. Para petani pun mengaku gembira karena sebelumnya harganya murah.

Salah seorang pengepul kelapa di Kecamatan Parigi Dahman mengatakan, harga kelapa di Pangandaran menyentuh Rp 2.300 per butir. “Makanya sekarang ini para petani buru-buru menjual buahnya,” kata dia, Senin 15 Januari 2024.

Dahman mengatakan, sebelumnya harga kelapa di Pangandaran hanya Rp 1.500 per butirnya. “Bahkan beberapa bulan lalu menyentuh Rp 1.000 per butirnya,” jelasnya.

Baca Juga: Tiket Terusan Wisata Pangandaran Tak Berlaku Lagi, Tarifnya Masuk Objek Wisata Jadi Segini

Dia mengatakan, kenaikan harga kelapa disebabkan menurunya pasokan barang dari luar daerah. “Karena faktor terbesarnya kenapa harga kelapa itu murah, ya karena banjir barang,” tuturnya.

Sama halnya seperti komoditas beras yang harganya sedang melambung. “Cuma kalau kelapa ini kan gak perlu ditanam lagi, kalau dipanen pun akan berbuah lagi,” katanya.

Harga Kelapa di Pangandaran Sempat Anjlok

Dia mengatakan, beberapa bandar sempat enggan menerima buah kelapa dari petani di Kabupaten Pangandaran. “Karena harganya murah, ya untungnya kecil,” ungkapnya.

Petani kelapa Sodikin mengatakan beberapa bandar mau menerima barang dengan harga variatif. “Ada yang Rp 2.000, Rp 2.500, ada juga yang Rp 2.700,” ungkapnya.

Ia berharap harga kelapa bisa stabil di atas Rp 2.000. “Ya mudah-mudahan bisa menyentuh di harga Rp 3.000 per butirnya,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *