CISAYONG, RADSIK – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya menyelenggarakan “Pelatihan Skill Literasi Digital Dalam Pengelolaan Data Bagi Pelaku Usaha UMKM” di Aula Kantor Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong, Jumat (26/8/2022).

Ketua pengabdian kepada masyarakat yang juga narasumber kegiatan pelatihan, Oding Herdiana SKom Mkom mengatakan, pada pelatihan ini peserta atau pelaku UMKM yang ada di Desa Santanamekar diajarkan bagaimana cara membuat akun my google bisnis. “Kegunaannya untuk profil usaha para UMKM agar dapat lebih dikenal dan setelah itu, ada pembahasan di penggunaan bagaimana optimasi dari pada Instagram,” kata dia kepada Radar, kemarin.

Lanjut dia, untuk penerapan my goggle bisnis itu, peserta diwajibkan harus bisa menggunakan gmail. Dari situ, nanti hanya tinggal registrasi. Isi profilnya mulai dari tempat usaha, nama usaha, kemudian alamat, nomor telepon, lokasi tempat usaha mereka dan lainnya.

“Bagi para pelaku usaha yang tidak memiliki gadget, bisa saja meminta bantuan kepada sanak saudaranya yang melek digital untuk dibuatkan akun tersebut. Masih ada cara lain, untuk bisa menggunakan gadget untuk memasarkan produk,” ucap dia.

Baca selengkapnya, khusus pelanggan Epaper silakan klik, Login

Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!

%d blogger menyukai ini: