DKKT Berikan Penghargaan Untuk 2 Pelaku Seni Budaya di Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) memberikan anugrah penghargaan kepada para pelaku seni budaya di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Selasa (5/12/2023). Ini merupakan pemberian anugerah yang ke-8 yang dilaksanakan oleh DKKT.

Kota Tasikmalaya memiliki figur-figur yang berkontribusi di bidang seni dan budaya. Mereka adalah Maman Suherman selaku seniman rebana dan Odin Bachrudin sebagai pelaku seni budaya pedalangan.

Pantauan Radartasik.id, penyerahan dua penghargaan itu diberikan oleh Pj Wali Kota Tasikmalaya Dr Cheka Virgowansyah dan juga Sekda Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan. Pada kesempatan itu Maman hadir secara langsung menerima penghargaan sedangkan Odin Bachrudin diwakili oleh putranya.

Baca juga : Sudah 1 Tahun Lebih, Pasar Cibeureum Kota Tasikmalaya Tetap Sepi

Ketua DKKT Bode Riswandi mengatakan pihaknya menghimpun nama-nama pelaku seni dan budaya Tasikmalaya. Setelah diseleksi, muncul beberapa nama yang menjadi nominator. “Ada 14 orang yang selanjutnya kita lakukan penilaian,” tuturnya.

Proses penilaian dilakukan selama 3 bulan dan penuh dengan perdebatan. Pasalnya mereka sama-sama memiliki kontribusi terhadap kelestarian seni dan budaya di Tasikmalaya. “Ada 7 kriteria yang kita jadikan dasar,” ucapnya.

Banyak misi yang dia kejar melalui pemberian penghargaan kepada para pelaku seni dan budaya. Di antaranya upaya untuk memperbarui data pelaku-pelaku seni dan budayawan yang ada di Tasikmalaya.  “Jadi sekaligus kita melakukan pendataan,” ucapnya.

Baca juga : Setelah Membunuh Kekasihnya, Tersangka Tetap Santai Saat Didatangi Ibu Korban

Selain itu, Bode juga berharap malam anugerah tersebut juga bisa menjadi motivasi kepada para pelaku seni dan buaya lainnya. Supaya bisa menjaga eksistensi dalam karyanya, serta menjaga regenerasi dan kelestarian seni dan budaya yang digeluti.

Pada kesempatan itu, Cheka Virgowansyah menyampaikan bahwa seni dan budaya memiliki berbagai fungsi. Dari mulai sebagai hiburan sampai makna filosofis terhadap kehidupan masyarakat. “Seni dan budaya itu menyatukan, menggembirakan dan menguatkan,” terangnya.

Cheka pun mengapresiasi langkah dari DKKT yang sudah melakukan pelestarian seni dan budaya. Salah satunya dengan memberikan penghargaan kepada para pelaku budaya. “Terima kasih sudah memberikan penghargaan kepada pelaku seni dan budaya,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *