Dilintasi Tol Getaci, Warga Perum Asri Residence Pilih Ganti Rugi daripada Relokasi, Menunggu Kepastian Pembangunan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Perum Asri Residence yang terletak di Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu yang terdampak proyek Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis).

Ketua Rukun Warga (RW) Perum Asri Residence Muhammad Sofyan mengatakan bahwa sebagian besar warga sudah mengetahui bahwa tempat tinggal mereka menjadi salah satu lokasi yang terdampak Tol Getaci.

”Bahkan desa belum tahun 2019 di sini sudah rame. Awal mula ada kabar proyek jalan tol yang sekarang Getaci dulu Cigatas, warga sini tau sampai ke denah-denahnya, detail gitu,” ungkap Sofyan kepada Radar, Rabu 31 Januari 2024.

”Malah lebih tau dari kepala desa karena informasi di internet kan, jadi warga mah peka,” ucapnya.

Baca juga:

Menurut Sofyan, kemungkinan Tol Getaci yang akan melewati Perum Asri Residence menimbulkan pro dan kontra di kalangan warganya.

”Kalau yang gak setuju yang di belakang yang tidak kena. Paling mikirnya masalah dampak nanti. Jadi perum pecah, silaturahmi putus,” tuturnya.

Dari sekitar 500 bangunan yang ada di Perum Asri Residence, yang terdampak proyek Tol Getaci sekitar 25 persen.

”Yang terdampak ini Jalan Lencana. Tengah itu pas tengah pas garis merah. Blok G diapit dengan Blok E. Sebagian Blok M ada. Ke sana juga ada Blok F, Blok A yang kena,” ujar Sofyan.

Baca juga:

”Yang terdampak RT 32 sebagian kecil cuma satu blok. Paling banyak RT 33 hampir 80 persen lah. Perkiraan ada sekitar 87-an rumah. Lebih lah,” lanjutnya.

Sofyan mengungkapkan bahwa sebelumnya warga yang rumahnya terdampak Tol Getaci diundang untuk mengikuti Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) yang dilakukan oleh pemerintah.

”Tapi bukan diundang secara individu tapi diundang siapa yang mau ikut warga yang terdampak dan sampai sekarang belum ada kepastian,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *