SINGAPARNA, RADSIK – Jelang Pemilu 2024, Partai Demokrat terus menyiapkan diri. Termasuk menjaring atau seleksi calon ketua PAC se-Kabupaten Tasikmalaya. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotan (BPOKK) DPC Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Iron Saroni SPdI kepada Radar, kemarin.

Kata dia, Partai Demokrat membuka pendaftaran calon ketua PAC se-Kabupaten Tasikmalaya. “Alasan dibukanya rekrutmen PAC ini, sehubungan dengan kepengurusan yang akan habis dan ini terbuka secara umum. Kami membuka pendaftaran calon ketua PAC se-Kabupaten Tasikmalaya, baik itu kader simpatisan atau pun bagi masyarakat umum,” ujarnya.

Iron menjelaskan, untuk teknis pemilihan atau penetapan PAC kali ini berbeda dengan sebelumnya. Dulu PAC dipilih oleh ketua ranting dan sekarang ditetapkan melalui pleno pengurus harian DPC yang dihadiri anggota fraksi dan DPD Demokrat Jabar.

“Hasil kongres tahun 2020 lalu menetapkan mekanisme baru, yakni penunjukkan untuk pleno pengurus. Selanjutnya, untuk minimal pendaftar di kecamatan dua calon. Nantinya dipilih satu dan langsung diserahkan ke provinsi untuk tes wawancara dan mekanisme yang ada di provinsi kemudian ditetapkan,” kata dia..

“Kriteria pendidikan minimal SMA sederajat, tidak harus kader yang penting pada saat pendaftaran sudah menjadi kader dan memiliki KTA, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba,” ucapnya, menambahkan.

Iron menambahkan, memperbolehkan juga mantan pengurus partai lain untuk mendaftar. Asalkan jelas pengunduran dirinya di partai sebelumnya. “Pendaftaran dari tanggal 12-14 Desember. Kemudian pleno penetapan calon PAC tanggal 16 Desember, kemudian dibawa ke Jawa Barat untuk tahapan penetapan dan pelantikan tahun ini tuntas. Dengan rekrutmen ini, Demokrat me­nga­jak untuk bergabung dengan partai de­mok­rat,” tegas dia. (obi)

[/membersonly]

Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!

 

 

 

%d blogger menyukai ini: