SETELAH melahirkan, bunda mungkin akan bertanya bagaimana cara agar luka  setelah melahirkan normal  cepat kering? Perlu bunda ketahui saat melahirkan normal tak jarang dokter atau bidan akan melakukan Episiotomi. Episiotomi adalah tindakan pengguntingan perineum, yakni kulit  antara vagina dan anus. Hal itu dilakukan pastinya untuk mempermudah proses persalinan normal ya. Lalu, bagaimana cara agar luka jahitan setelah melahirkan normal cepat kering?

Hal yang harus bunda lakukan adalah pertama, bunda harus menjaga kebersihan vagina, karena vagina merupakan organ terbuka yang mudah bagi virus atau kuman hinggap dan berkembang. Itulah mengapa, vagina harus dijaga kebersihannya. Setiap habis BAK dan BAB, siram vagina dan anus dengan air bersih yang sudah dimatangkan, kemudian dibasuhkan ke dalam alat genitalia setelah air menjadi dingin.

Jangan sekali-kali membasuh daerah genitalia dengan air panas atau air hangat, karena bisa menyebabkan benang pada luka jahitan menjadi rapuh, dan luka menjadi terbuka kembali yang akan menyebabkan luka menjadi terinfeksi. Bilas hingga bersih dari arah depan ke belakang supaya bakteri tidak menempel di vagina, lalu keringkan muka vagina dengan handuk bersih atau tisu.

Kedua, yang harus bunda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, karena kandungan protein yang terdapat dalam makanan baik untuk membantu penyembuhan luka baik pada dinding rahim maupun pada luka jalan lahir yang mengalami jahitan. Protein ini dibutuhkan sebagai zat pembangun yang membentuk jaringan otot tubuh dan mempercepat pulihnya kembali luka.

Bunda  bisa mengonsumsi ikan, telur atau daging ya. Kemudian bunda juga harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin C. karena Vitamin C berfungsi untuk pembentukan kolagen dalam tubuh, seperti papaya,  jeruk, lemon, atau stroberi. Tak hanya vitamin C, tubuh juga butuhkan vitamin A untuk mempercepat pengeringan luka usai melahirkan. Hal itu dikarenakan vitamin A memiliki kandungan antioksidan yang tinggi agar penyembuhan sel kulit dapat lebih cepat. Bunda  bisa mengonsumsi susu, hati, wortel, blewah, ubi, bayam, selada, dan sayuran hijau lainnya. (*)

%d blogger menyukai ini: