Asap dari Kebakaran TPAS Purbahayu Merambah ke Pemukiman Warga

PANGANDARAN, RADARTASIK.ID – Kepulan asap dari TPAS Purbahayu mulai merambat ke pemukiman warga. Seperti diketahui, kepulan asap dari kebakaran yang terjadi sejak Jumat 6 Oktober 2023.

Sekretaris Desa Purbahayu Darsum mengatakan, kepulan asap dari TPAS Purbahayu Pangandaran menyebar ke pemukiman warga pada malam hari.

“Hanya malam hari saja. Kalau siangnya gak sampai ke rumah warga,” katanya, Rabu 11 Oktober 2023.

Baca Juga: Kebakaran TPA Purbahayu Pangandaran Sempat Membuat Pembuangan Sampah Terhambat

Kata Darsum, pada malam hari tiupan angin berhembus dari arah pantai ke pemukiman warga, sehingga asap merebak ke pemukiman. “Kalau siang hari arah angin beda lagi,” jelasnya.

Menurut Darsum, warga terdampak asap TPA Purbahayu sudah mendapatkan bantuan masker. “Tadi pagi sudah dibagikan masker. Setiap rumah diberikan beberapa buah,” ucapnya.

Ia mengatakan yang membagikan masker dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: Perbaikan SDN 3 Kertajaya Pangandaran yang Ambruk Bakal Jadi Prioritas, Masih Ada Kelas yang Disatukan

“Kalau yang terdampak di Karanganyar ada sekitar 225 jiwa, apakah di dusun lain ada yang terdampak juga, saya kurang tahu,” katanya.

Tiga Desa Terdampak Asap Terbakarnya TPAS Purbahayu

Namun sejauh ini, kata dia, belum ada masyarakat yang mengeluhkan gangguan pernafasan. “Sejauh ini mah belum ada, ambulance juga sudah disiagakan,” ucapnya.

Warga Dusun Karanganyar Desa Purbahayu Turasman mengaku sudah mendapatkan bantuan masker. “Kalau malam hari asep tuh masuk ke rumah, sesek,” ujarnya.

Baca Juga: 2 Atap Salah Satu Sekolah di Pangandaran Tiba-Tiba Ambruk, Penyebabnya Diduga Gegara Ini

Dia tidak ada niatan mengungsi dari rumahnya. “Ya mau ngungsi kemana, bingung,” ucapnya.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Pangandaran, setidaknya ada tiga desa yang terdampak asap dari terbakarnya TPAS Purbahayu. Di antaranya Desa Purbahayu, Pagergunung dan Sidomulyo.

Desa Purbahayu tepatnya di Dusun Sukajadi RT 04 terdapat 49 Kepala Keluarga dengan total  147 jiwa, Dusun Karanganyar  RT 05 sebanyak 72 KK dengan 225 jiwa.

Kemudian Desa Pagergunung Dusun Pasuruan  RT 03 ada 30 KK dengan total 90 jiwa. Selanjutnya Desa Sidomulyo atau tepatnya Dusun Bantarkalong RT 04 RW 14 ada 17 KK dengan total 51 jiwa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *