APPBI Gelar Rakernas 2024, Optimalkan Potensi Produk Lokal di Mal

APPBI
APPBI menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Ballroom The Langham Hotel, Rabu (31/1/2024).
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia atau APPBI menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Ballroom The Langham Hotel Jakarta, Rabu (31/1/2024). Rakernas yang menghadirkan keynote speach secara daring oleh Sandiaga Uno tersebut ini mengusung tema Elevate The Local Brand.

Ketua APPBI DPC Tasikmalaya dan Cirebon Lucy Sosilawaty mengatakan, dalam raker yang dihadiri pengelola mal se-Indonesia tersebut membahas berbagai rancangan setahun ke depan tentang pemasaran merek lokal. Bagaimana upaya menaikan pamor produk lokal. Karena ternyata banyak juga produk lokal Indonesia yang punya daya saing.

“Dalam rakernas dihadirkan founder dari 3 brand lokal yang sudah sukses yakni Fine Counsel, Esqa Cosmetic dan Saturdays Optik,” ujar Lucy yang juga Manager Marketing Plaza Asia Tasikmalaya.

Baca Juga:Nasi TO Khas Tasikmalaya Akan Pecahkan Rekor MURI? Begini Penjelasan ICAUnsil Resmikan Gedung Baru FISIP, Usung Layanan Prima

Selama ini, kata ia, tak sedikit potensi lokal yang terpinggirkan karena kalah saing dengan berbagai produk asing yang membanjiri pasar Indonesia. Padahal secara kualitas, produk-produk lokal tersebut bisa lebih baik.

Lucy mengatakan, jika potensi lokal dapat diolah dan dikembangkan secara massif maka akan memberi nilai tambah bagi ekonomi nasional. Maka dari itu, kata dia, semua stakeholder harus mampu menemukan dan mengenali berbagai potensi lokal dengan prospek bagus.

“Saya yakin kualitas produk-produk lokal akan semakin baik dan dapat bersaing dengan produk negara lain. Untuk di Tasikmalaya misalnya, banyak produk lokal fashion muslim yang punya daya saing, belum lagi produk kerajinan dan kuliner. Potensi kita berlimpah sebenarnya, tinggal dioptimalkan,” jelasnya.

Di tahun 2024 ini APPBI mendorong produk lokal untuk berani bersaing. “Selama ini mal juga sudah mengakomodir brand lokal untuk membuka tenantnya. Ke depan tentunya kita akan lebih support untuk mengangkat produk lokal,” kata Lucy seraya mengatakan bahwa APPBI DPC Tasikmalaya dan Cirebon membawahi Plaza Asia Tasikmalaya, Mayasari Plaza Tasikmalaya, Plaza Asia Sumedang, Jatos Sumedang, CSB Cirebon dan Grage Mall Cirebon.

0 Komentar