8 Cara Mengusir Tikus di Rumah: Cairan dan Benda yang Ampuh

RADARTASIK.IDTikus merupakan hama yang seringkali menjadi masalah di rumah. Selain merusak makanan dan barang-barang, tikus juga dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara mengusir tikus yang efektif agar rumah tetap bersih, aman, dan nyaman untuk ditinggali.

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan cairan dan benda yang diketahui dapat mengusir tikus.

Baca juga: Pemkot Banjar Lindungi Petani dari Kebangkrutan Lewat Asuransi Usaha Tani Padi

Berikut adalah beberapa cairan dan benda yang terbukti efektif dalam cara mengusir tikus di rumah.

1. Peppermint Oil

Peppermint oil, atau minyak peppermint, memiliki aroma yang kuat dan segar yang dapat mengusir tikus. Tikus tidak menyukai bau peppermint, sehingga penggunaan minyak peppermint sebagai pengusir tikus dapat sangat efektif.

Anda dapat mengusapkan beberapa tetes minyak peppermint pada kapas atau bola kapas, dan menempatkannya di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus, seperti sudut ruangan atau celah-celah kecil.

Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan minyak peppermint dengan air dan menyemprotkannya di sekitar area yang ingin Anda lindungi dari tikus.

2. Ammonia

Ammonia memiliki bau yang kuat dan tidak disukai oleh tikus. Anda dapat mengisi beberapa wadah kecil dengan ammonia dan menempatkannya di area yang sering dilalui tikus.

Baca juga: Kembangkan Pertanian, Petani Desa Parung Studi Banding Tanaman Jagung ke Desa Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya

Pastikan untuk mengamankan wadah agar tidak mudah terbalik. Namun, perlu diingat bahwa ammonia dapat berbau kuat dan berpotensi berbahaya bagi manusia, jadi pastikan untuk menggunakan dengan hati-hati dan menjaga ventilasi yang baik di rumah Anda.

3. Serbuk Cabai atau Lada

Serbuk cabai atau lada merupakan bahan alami yang dapat mengusir tikus. Tikus tidak tahan terhadap rasa pedas yang dihasilkan oleh serbuk cabai atau lada.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *