CIAMIS, RADSIK – Dalam momentum World Cleanup Day (WCD) tahun 2022 dan Festival Bank Sampah, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero TBK Kantor Cabang Ciamis menyalurkan program Corporate Sosial Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

CSR BRI itu, dalam bentuk satu unit mesin press dan satu unit mobil pengangkut sampah dengan nominal Rp 350 juta ke Bank Sampah Induk Ciamis di Jalan Mr Iwa Kusuma Sumantri Kecamatan Ciamis. Diserahkan langsung oleh Pemimpin Cabang BRI Ciamis Eko Rudi Irawan kepada Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra di Situs Jambansari, Senin (26/9/2022).

Pemimpin Cabang BRI Ciamis Eko Rudi Irawan menyampaikan CSR BRI Kantor Cabang Ciamis konsisten untuk memberikan nilai dan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan sekitar. Terbaru, pihaknya menyalurkan bantuan pengadaan sarana dan prasarana yakni satu unit mesin press dan satu unit mobil pengangkut sampah kepada Bank Sampah Induk Ciamis Jalan Mr Iwa Kusuma Sumantri Kecamatan Ciamis

“Wujud CSR BRI kali ini, peduli terhadap lingkungan sekitar yakni untuk membantu operasional Bank Sampah Induk Ciamis lebih baik,” katanya kepada Radar, Minggu (2/10/2022).

Dengan Bank Sampah Induk Ciamis operasional lebih baik, sambung Eko, Sehingga dapat menggerakkan masyarakat dalam menggiatkan menabung sampah. Utamanya dalam pemanfaatan sampah daur ulang yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Ciamis.

“Tentunya dengan bantuan CSR BRI kepada Bank Sampah Induk Ciamis, salah satu upaya meningkatkan kesadaran untuk pilah-pilih sampah yang memiliki nilai ekonomis,” ujarnya.

Dengan demikian, BRI Cabang Ciamis terus bersinergi bersama pemerintah daerah. Arahnya agar sejalan dengan visi misi Kabupaten Ciamis yaitu Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua. “Wujudkan CSR BRI Ciamis tentunya bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Ciamis. Agar pengelolaan sampah di Kabupaten Ciamis bisa menjadi lebih baik dan masyarakat bisa mengahasilkan nilai ekonomi lewat sampah,” katanya.

Pengelola Bank Sampah Induk Ciamis, Sri Devi Mulyanti menyampaikan bersyukur BRI terlah memberikan satu unit mesin press dan satu unit mobil pengangkut sampah kepada Bank Sampah Induk Ciamis.

Sebab, mesin press memang wajib ada di bank sampah. Karena berguna untuk efesiensi ruangan, sehingga dapat meminimalisir tumpukan-tumpukan sampah lebih ringkas. “Dengan adanya Bank Sampah Induk Ciamis menerima mesin press dari BRI, dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan sampah,” ujarnya.

Sedangkan untuk mobil bantuan dari BRI, untuk operasional. Yakni untuk menarik sampah yang ada di unit-unit yang ditempatkan di desa/kelurahan se- Kabupaten Ciamis. Diketahui, saat ini tercatat sebanyak 258 bank sampah yang terdapat di seluruh Kabupaten Ciamis.

“Kapasitas sampah yang diangkut banyak. Terbantu saat mendapatkan bantuan mobil BRI untuk mempermudah pekerjaan Bank Sampah Induk Ciamis,” katanya. (riz/adv)

%d blogger menyukai ini: