30 Sekolah di Kabupaten Tasikmalaya Adu Kreativitas di Festival P5

Festival
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana SIP MM (ikat kepala) bersama Sekda Kabupaten Tasikmalaya Dr H Mohammad Zen MPd (kopiah) bersama siswa di Gedung Islamic Center Singaparna, kemarin.
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan festival Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Refleksi Capaian Kemajuan Program Merdeka Belajar.

Kegiatan festival P5 tersebut dilaksanakan selama dua hari Selasa-Rabu (28-29/11/2023) di Gedung Islamic Center, Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Dr H Mohammad Zen MPd yang mewakili Bupati Tasikmalaya.

Kemudian dihadiri oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana SIP MM. Termasuk pengurus PGRI kabupaten, MKKS SMP, serta para kepala sekolah dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga:Berekspresi Lewat Fotografi di Spotyfest UnsilĀ SD IT Al Istiqomah Hj Aminah Kota Tasikmalaya Pamerkan Karya P5 Bertema Kebhinekaan

Ketua Pelaksana Festival P5 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya Jani Maulana MSi menjelaskan, dalam acara festival P5 ini diikuti sebanyak 30 peserta Bazar.

“Yang terdiri dari 24 lembaga dari unsur sekolah penggerak, dua lembaga dari unsur SMP terbuka, satu lembaga dari sekolah adiwiyata, satu lembaga dari guru penggerak dan satu perwakilan dari komunitas belajar,” ujar Kabid SMP Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana SIP MM menuturkan, Disdikbud terus melakukan sosialisasi dan koordinasi dalam Pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Sebagai salah satu kegiatan yang mendukung program tersebut di antaranya dengan penyelenggaraan festival Bazar dan pentas seni tingkat Kabupaten Tasikmalaya ini,” terang Dadan.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan festival P5 ini adalah sebagai sarana bagi para siswa, guru dan satuan pendidikan dalam mengaplikasikan kreativitas dan talenta sesuai dimensi pada P5.

“Satuan pendidikan dapat menggali hasil kreativitasnya masing-masing sesuai dengan kultur dan kearifan lokalnya,” terang dia.

Selanjutnya tujuan dari kegiatan ini, ungkap dia, satuan pendidikan dapat mengembangkan program kegiatan keterampilan dan talentanya membangun motivasi bagi para siswa agar mendapatkan inspirasi yang lebih baik.

Baca Juga:Dies Natalis SMPN 9 Kota Tasikmalaya ke-38, Semakin Banyak PrestasiMusala dan Lab Komputer Jadi Kado HGN dari POM SDN Galunggung Kota Tasikmalaya

“Siswa dapat mempromosikan hasil karyanya dan dapat menjualnya, siswa dapat membentuk iklim kerja sama dalam satuan kelompok. Paparan program dan publikasi kepada masyarakat,” jelas dia.

0 Komentar