Mahasiswa Dilatih Baca Peluang Pasar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMB Hadirkan Praktisi ke Ruang Kelas

KULIAH UMUM
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mayasari Bakti (UMB) Tasikmalaya menggelar kuliah umum, 19 Desember 2025.
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mayasari Bakti (UMB) Tasikmalaya dilatih untuk dapat membaca peluang pasar di era industri kreatif.

Dekan Fakultas FEB, Ir Mia Sumiarsih MM, menuturkan bahwa salah satu cara melatih mahasiswa untuk dapat membaca peluang pasar adalah dengan menghadirkan para praktisi langsung ke ruang kelas melalui kuliah umum yang digelar 19 Desember 2025.

“Mahasiswa harus memiliki pengetahuan tentang tren usaha, peluang pasar, kebutuhan pasar, juga produk-produk apa yang diminati pasar. Untuk melatih kreativitas dan inovasi usaha. Sehingga mahasiswa kami, bukan hanya sekadar belajar secara teori, tetapi mempraktikkan langsung ilmu yang sudah didapat. Sehingga nanti mereka tidak hanya siap menjadi pekerja, tapi harus menjadi pencipta lapangan kerja,” jelas Mia.

Baca Juga:Hotel Santika Bersihkan Sampah TMP Kota Tasikmalaya, Nirundak Jadi Gerakan Kolektif untuk Jaga LingkunganLogin Fest Back to Tasik 2026: Pulangnya Sang Raja Dangdut ke Kota Kelahiran

Salah satu kuliah umum yang dilaksanakan belum lama ini adalah menghadirkan salah satu pengusaha parfum “Seungit Indonesia” yaitu Tita Widiarti SST untuk mengajar langsung tentang peluang usaha. “Harapannya mahasiswa bisa belajar langsung, berinteraksi dengan praktisi bagaimana memulai usaha dari awal, dan tergerak untuk memulai usaha, tidak menunggu lulus,” harapnya.

Saat ini, kata Mia, FEB Universitas Mayasari Bakti memiliki dua program studi yang dapat dipilih, yaitu Program Studi Manajemen dan Program Studi Kewirausahaan. Kedua program studi ini, merupakan program studi yang banyak diminati. Hal ini terlihat dari jumlah mahasiswa yang terus meningkat.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Entrepreneurial Mindset dalam Industri Kreatif”. Tema ini sangat relevan dengan tantangan dan peluang yang dihadapi generasi muda di era ekonomi kreatif dan transformasi digital saat ini.

Ketua Program Studi Manajemen, Ilman Anshori SE MM menambahkan bahwa mahasiswa harus paham bila industri kreatif bukan hanya tentang ide dan kreativitas, tetapi juga tentang keberanian mengambil risiko, kemampuan membaca peluang pasar, serta konsistensi dalam membangun nilai dan keberlanjutan usaha. Oleh karena itu, entrepreneurial mindset menjadi kompetensi penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa Manajemen, tidak hanya sebagai calon pencari kerja, tetapi juga sebagai pencipta lapangan kerja.

0 Komentar