JAKARTA, RADARTASIK.ID – Sharp Indonesia kembali menunjukkan keseriusannya dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan menghadirkan mesin Reverse Vending Machine (RVM) terbaru di Plaza Indonesia.
Kehadiran mesin ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi Sharp dengan Plasticpay, sekaligus melanjutkan suksesnya pengoperasian RVM pertama di Mal Artha Gading yang telah berjalan selama satu tahun.
Sejak mulai beroperasi di Mal Artha Gading pada Agustus 2024, program daur ulang berbasis insentif tersebut membuktikan efektivitasnya. Dalam setahun, sebanyak 2.065,98 kilogram sampah plastik -setara dengan 110.480 botol- berhasil dikumpulkan hanya dari satu titik pengumpulan. Program ini turut mendorong partisipasi aktif masyarakat dengan keterlibatan 1.289 pengguna dan 8.859 transaksi.
Baca Juga:JNE Gratiskan Ongkir Bantuan ke Aceh, Sumbar, Sumut dan Sekitarnya, Bergerak Bersama Peduli BencanaTelkomsel Pastikan Jaringan Andal di Nataru 2026, Usung Tagline Melayani Sepenuh Hati
Melalui skema penukaran poin, total 6.186.882 poin telah diberikan kepada masyarakat sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi mereka.
Dari sisi lingkungan, inisiatif ini berhasil menekan potensi emisi hingga 10.937.520 gram COâ‚‚ dan menyelamatkan area setara 1.745,58 meter persegi dari timbunan sampah per 31 Oktober 2025. Capaian tersebut menjadi pijakan kuat bagi Sharp untuk memperluas implementasi RVM ke lokasi strategis lainnya, termasuk Plaza Indonesia yang dikenal dengan profil pengunjung premium dan aktivitas yang padat.
“Keberlanjutan merupakan komitmen jangka panjang bagi Sharp Indonesia. Kehadiran RVM di Plaza Indonesia menjadi contoh bahwa teknologi dapat mempermudah masyarakat dalam menerapkan kebiasaan ramah lingkungan. Program ini mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan mencerminkan tanggung jawab kami dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ujar Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager Sharp Indonesia.
Program pengumpulan botol plastik melalui RVM berkontribusi langsung pada pencapaian sejumlah target Sustainable Development Goals (SDG). Mulai dari SDG 12 yang menekankan konsumsi dan produksi berkelanjutan, SDG 13 mengenai penanganan perubahan iklim melalui pengurangan emisi, hingga SDG 14 dan SDG 15 yang terkait dengan perlindungan ekosistem laut dan darat dari polusi plastik.
Secara keseluruhan, inisiatif ini memberikan dampak jangka panjang terhadap keberlanjutan lingkungan.
Plaza Indonesia menyambut kolaborasi ini dengan antusias. Sebagai pusat perbelanjaan yang mengedepankan prinsip keberlanjutan, mereka menilai kehadiran RVM sebagai langkah penting dalam mendorong masyarakat kota untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.
