Hilangkan Kesan Kaku ala Birokrasi, Pemkot Tasikmalaya Benahi Respons Pelayanan Publik

medsos pemkot tasikmalaya
Suasana Rapat Koordinasi Kehumasan dan Sosialisasi Peraturan Pengelolaan Pengaduan di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya yang digelar di aula Diskominfo, Kamis (27/11/2025). (Firgiawan/radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya sedang serius memoles citra dan pelayanan publiknya.

Kamis (27/11/2025), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar hajatan penting: Rapat Koordinasi Kehumasan dan Sosialisasi Peraturan Pengelolaan Pengaduan yang dipusatkan di Aula Diskominfo.

Acara ini diikuti perwakilan dari seluruh perangkat daerah se-Kota Tasikmalaya.

Tujuannya jelas, memperkuat peran Humas di setiap instansi sekaligus menggeber kualitas pengelolaan pengaduan masyarakat.

Baca Juga:Dugaan Pencemaran Akibat Tambang Galunggung Mencuat Lagi, Instansi Terkait Tegaskan Belum Terima Laporan ResmiMembaca dari Jauh Perasaan Batin Wali Kota Tasikmalaya!

Ini saatnya, kata Diskominfo, perangkat daerah harus makin responsif, transparan, dan konsisten dalam urusan informasi dan penanganan laporan warga.

“Penguatan kehumasan dan penyeragaman mekanisme pengaduan menjadi langkah penting untuk membangun kepercayaan masyarakat,” tegas Plt Kepala Diskominfo Kota Tasikmalaya H Asep Maman Permana.

Tidak main-main, dalam sesi materi, Pemkot mengundang narasumber dari kalangan akademisi, yakni dosen dari Universitas Mayasari Bhakti.

Materi yang dibedah pun sangat kekinian: strategi komunikasi publik via sosial media dan pentingnya tata kelola informasi yang proper.

Dari sini, terlihat jelas concern Pemkot untuk membawa pengelolaan akun-akun media sosialnya ke level yang lebih “kece” dan profesional. Jauh dari kesan kaku ala birokrasi.

Dengan adanya sosialisasi ini, Asep berharap semua perangkat daerah punya pemahaman yang seirama dalam memberikan layanan informasi dan menangani segala bentuk aduan dari warga.

“Semuanya harus profesional dan akuntabel,” ungkapnya.

Acara yang dipenuhi diskusi seru dan sesi tanya jawab ini menjadi ruang bagi para peserta untuk curhat soal kendala di lapangan dan merumuskan strategi jitu untuk kemajuan ke depan.

Baca Juga:Drama Persidangan Endang Juta: Ketika Majelis Hakim Mencecar Saksi, Mencari Aktivitas Tambang Pasir!RS Islam Hj Siti Muniroh Kota Tasikmalaya Rayakan Milad ke-31

“Ini adalah komitmen Pemkot Tasikmalaya terus meningkatkan kualitas layanan informasi dan pengaduan sebagai bagian dari pelayanan publik yang profesional dan akuntabel, paparnya. (Firgiawan)

0 Komentar