TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Menjelang bulan Ramadan dan Lebaran, Plaza Asia Tasikmalaya kembali membuka rekrutmen tenaga kerja musiman. Langkah ini diambil sebagai antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung yang diperkirakan naik signifikan dibanding hari biasa.
Chief HR Plaza Asia Tasikmalaya, Bonnie Hastuti Yuniasih, mengatakan kebutuhan pegawai tambahan setiap tahun selalu meningkat. Posisi yang paling dibutuhkan meliputi kasir, pramuniaga, Sales Promotion Girl (SPG), dan Sales Promotion Boy (SPB).
“Menjelang puasa dan Lebaran, traffic Plaza Asia meningkat berkali lipat dibanding hari biasa. Untuk menjaga kualitas layanan sesuai visi kami yang mengutamakan pelayanan, tentu kami membutuhkan tenaga kerja musiman,” ujarnya dalam acara Talk Show di Radar TV, baru-baru ini.
Baca Juga:JNE Tasikmalaya Pererat Sinergi dengan Media Lewat Kopdar Penuh KeakrabanSharp Ajak Pecinta Hewan Ciptakan Udara Sehat Lewat Kampanye “Udara Sehat, Hewan Bahagia”
Lowongan musiman tersebut, kata Bonnie, telah diumumkan mulai akhir September 2025. Adapun Proses seleksi dimulai sejak awal Oktober dan hingga saat ini telah memasuki angkatan ketujuh, dengan setiap angkatan diikuti sekitar 30 peserta.
Menurut Bonnie, kebutuhan pegawai musiman paling banyak berada pada posisi kasir, yakni sekitar 75 orang yang akan ditempatkan di Plaza Asia Tasikmalaya dan Asia Toserba Cihideung.
“Kami sudah menghitung kebutuhan, khusus kasir harus mulai bekerja satu bulan sebelum puasa. Itu sebabnya seleksi kasir kami prioritaskan lebih dulu,” terangnya.
Proses seleksi mencakup wawancara dan tes tertulis, namun khusus untuk kasir terdapat tes tambahan, yakni tes tertulis kedua. Selain itu, ia mengungkapkan, untuk posisi kasir pihaknya menerapkan standar nilai minimal pada mata pelajaran matematika.
“Jika kandidat lolos tes tahap kedua, ia akan ditempatkan sebagai kasir. Kalau belum lolos, bukan berarti gagal, tetap kami tempatkan di pramuniaga atau SPG,” katanya.
Bonnie menyebutkan bahwa sekitar 80 persen pelamar didominasi Gen Z, sementara sisanya merupakan kelompok usia milenial.
Ia mengungkapkan bahwa minat pencari kerja terhadap lowongan musiman cukup tinggi, terutama setelah situasi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih.
Baca Juga:Eri Palgunadi Raih Best CMO Award 2025, Wujud Konsistensi JNE dalam Inovasi dan Strategi Berbasis NilaiIndosat Tunjukkan Kinerja Stabil, Dorong Inovasi dan Daya Saing Digital Nasional
“Setiap tahun, peminat loker itu banyak sekali. Apalagi setelah krisis ekonomi kemarin, banyak yang sedang mencari pekerjaan atau fresh graduate yang baru lulus,” katanya.
