RADARTASIK.ID – Motor offroad kini menjadi salah satu hobi yang digandrungi para pencinta otomotif, terutama bagi mereka yang gemar menaklukkan lintasan tanah dengan berbagai rintangan alam.
Namun, di balik keseruannya, banyak pengendara yang belum memahami teknik dasar menikung dengan benar di medan tanah.
Padahal, kesalahan kecil dalam posisi tubuh atau pengendalian motor bisa meningkatkan risiko terjatuh dan cedera.
Baca Juga:Segera Hadir! HUT Ke-79 Serikat Perusahaan Pers di Banda Aceh: Pers Maju, Sumber Daya Indonesia MelajuGerakan Poe Ibu Disorot DPRD, PKS Minta Pemprov Jabar Tak Hilangkan Nilai Keikhlasan
Menikung di lintasan tanah membutuhkan teknik khusus yang berbeda dari menikung di jalan aspal.
Permukaan tanah yang tidak rata, licin, dan sering kali berubah menuntut pengendara untuk memiliki kontrol tubuh dan motor yang lebih baik.
Menurut Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma, teknik menikung di medan offroad memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan di jalan aspal.
Ia menjelaskan, posisi tubuh, arah pandangan, serta pengendalian motor menjadi faktor penting yang menentukan kestabilan saat melewati tikungan di lintasan tanah.
Berikut beberapa teknik dasar menikung motor offroad yang perlu diperhatikan oleh para pengendara:
1. Posisikan duduk lebih maju ke depan.
Posisi ini membantu menjaga keseimbangan sekaligus meningkatkan kontrol terhadap bagian depan motor.
2. Gunakan postur lean out.
Saat menikung, miringkan motor ke arah tikungan, tetapi biarkan tubuh tetap tegak. Cara ini menjaga traksi ban agar tetap stabil di permukaan tanah yang licin.
Baca Juga:Sering Tak Disadari, Blindspot Jadi Pembunuh Senyap di Jalan RayaSuzuki Pamer Vision e-Sky, Kei Car Listrik dengan Jadak Tempuh 270 Km
3. Angkat kaki ke depan sesuai arah tikungan.
Jika berbelok ke kanan, angkat kaki kanan ke depan untuk membantu menjaga keseimbangan sekaligus bersiap menahan motor jika tergelincir.
4. Fokuskan pandangan ke arah tujuan.
Pandangan yang terarah membantu pengendara membaca jalur dan mengantisipasi rintangan di depan tikungan.
5. Hindari penggunaan rem depan saat menikung.
Medan tanah yang licin membuat penggunaan rem depan sangat berisiko karena dapat mengunci roda dan menyebabkan motor kehilangan kendali.
Ludhy menekankan, banyak pengendara offroad sering kali lebih berfokus pada kecepatan, padahal teknik dan kontrol tubuh justru jauh lebih penting untuk menjaga keseimbangan di medan ekstrem.
Ia menilai bahwa dengan memahami teknik dasar, pengendara dapat menikmati hobi offroad secara aman sekaligus tetap menyenangkan.