TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Akses jalan di lingkungan RSUD dr Soekardjo yang rusak akhirnya diperbaiki, Senin (28/7/2025). Meskipun, perbaikan tersebut tidak dibiayai oleh negara alias donasi.
Seperti diketahui, sudah bertahun-tahun jalan di lingkungan RSUD dr Soekardjo rusak dan tidak kunjung diperbaiki. Kondisi itu membuat pengunjung yang mengakses area parkir belakang menjadi tidak nyaman.
Namun saat ini kerusakan tersebut mulai dilakukan perbaikan. Aktivitas pekerja pun terlihat menutupi permukaan jalan dengan koral sehingga permukaan jalan menjadi rata.
Baca Juga:Pemilihan Ketua RW Rasa Pariwisata, Jadi Ajang Hiburan dan Geliat Ekonomi di Cilembang Kota TasikmalayaPembongkaran Bangunan di Saluran Irigasi Cimulu atas Permintaan Warga Manonjaya
Wadir Umum RSUD dr Soekardjo Budi Martanova mengatakan bahwa area tersebut memang sedang dalam perbaikan. Namun sifatnya donasi dari pihak eksternal yang peduli terhadap rumah sakit. “Alhamdulillah ada bantuan dari donatur yang tidak mau dipublikasikan,” ungkapnya kepada Radar.
Rencananya, perbaikan tersebut bukan hanya dilakukan perataan kontur jalan saja. Namun juga ada pelapisan hotmix supaya pengunjung yang melintas lebih nyaman. “Mudah-mudahan terealisasi, informasinya mau di hotmix juga,” katanya.
Meskipun itu aset pemerintah, dalam pengelolaan BLUD adanya bantuan pembangunan tidak menjadi soal. Secara administrasi sifatnya hibah dan akan tercatat sebagai aset rumah sakit. “Tinggal nanti kita catat sebagai hibah,” tuturnya.
Disinggung kerusakan yang sudah bertahun-tahun dan tidak diperbaiki oleh RSUD, hal itu diakui sebagai keterbatasannya. Pasalnya, banyak hal yang harus dipelihara oleh RSUD juga yang sifatnya lebih vital. “Dengan kemampuan yang terbatas, kami fokus ke perbaikan-perbaikan yang berhubungan dengan pelayanan pasien secara langsung,” ujarnya.
Perbaikan jalan tersebut diharapkan jadi motivasi untuk pihak rumah sakit diharapkan bisa memberikan kenyamanan kepada pasien dan keluarganya. Karena diakuinya, kerusakan tersebut memang tidak nyaman. “Mudah-mudahan ke depannya kami bisa lebih baik lagi dalam memberi kenyamanan kepada pengunjung,” katanya.(rangga jatnika)