Sebelum melaju ke tingkat nasional, seluruh peserta telah melalui seleksi regional yang ketat, diikuti oleh 120 instruktur safety riding, 2.690 advisor dealer Honda, dan 916 advisor komunitas Honda dari seluruh Indonesia.
Seleksi ini menjaring 197 peserta terbaik untuk berkompetisi di tingkat nasional.
General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, menjelaskan, kompetisi AHSRIC merupakan bentuk nyata komitmen AHM dalam mengasah kemampuan instruktur safety riding Honda.
Ia juga menekankan, semakin beragamnya produk sepeda motor Honda menjadi tantangan tersendiri dalam mengkampanyekan budaya keselamatan berkendara yang efektif dan menyenangkan.
Baca Juga:Nyate N Ride BOA: Merajut Silaturahmi Lewat Sate dan MotoranPolda Jabar Kerahkan Tim Siber, Gencarkan Operasi Tumpas Geng Motor
Menurut Andy, penyelenggaraan kompetisi ini secara rutin sejak 2009 hingga kini, termasuk keterlibatan advisor dealer dan komunitas, menjadi bagian penting dari upaya membangun ekosistem keselamatan berkendara yang kuat.
Komitmen Berkelanjutan untuk Edukasi Keselamatan Berkendara
Selama lebih dari dua dekade, AHM bersama jaringan main dealernya secara konsisten telah mengadakan lebih dari 34.000 pelatihan keselamatan berkendara yang melibatkan lebih dari 3,3 juta peserta.
Edukasi ini turut diperkuat dengan penggunaan Honda Riding Trainer (HRT) yang telah dimanfaatkan oleh lebih dari 26,6 juta orang di seluruh Indonesia.
Untuk mendukung pelatihan ini, AHM juga mengembangkan sembilan Safety Riding Center Honda yang tersebar di berbagai wilayah, ditambah keberadaan AHMSRP sebagai pusat pelatihan terbesar di Asia Tenggara.
Fasilitas ini tidak hanya digunakan untuk ajang kompetisi, tetapi juga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkendara mereka.
Sejak tahun 2017, AHM juga aktif mengusung kampanye keselamatan berkendara melalui tagline #Cari_Aman.
Inisiatif ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran, terutama di kalangan generasi muda, bahwa keselamatan berkendara dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan serta mendatangkan dampak positif bagi masyarakat luas. (*)