TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tasikmalaya menyalurkan bantuan logistik berupa 104 kasur lipat bagi 104 kepala keluarga (KK) di Desa Cikondang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.
Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia terhadap warga yang terdampak bencana pergeseran tanah di wilayah tersebut.
Korp Relawan PMI Kabupaten Tasikmalaya, Candra Fajri, menjelaskan bahwa PMI sejak awal telah menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana ini.
Baca Juga:Di Tengah Efisiensi, Christian Mikhael Berhasil Membawa Aston Inn Tasikmalaya Jadi TerfavoritUniversitas Telkom-Unsil Kolaborasi Kenalkan eLiveStock, Aplikasi Pengelolaan Ternak
“Ketika pergerakan tanah terjadi, kami langsung bergerak cepat dengan menyalurkan bantuan logistik seperti family kit, handy kit, dan kebutuhan dasar lainnya,” ujar Candra kepada Radar, Rabu (25/6/2025).
Ia menuturkan, setelah distribusi bantuan awal, PMI Kabupaten Tasikmalaya langsung melaporkan kejadian tersebut kepada PMI Jawa Barat dan PMI Pusat.
Respons cepat ini, kata dia, membuat situasi di Cikondang mendapat perhatian dari pusat hingga akhirnya bantuan dari Wakil Presiden dan Kadin Indonesia dapat dikirimkan.
Namun proses penyaluran bantuan tidak berjalan mulus. Menurut Candra, tantangan terbesar adalah kondisi geografis yang sulit dijangkau.
“Akses ke lokasi sangat jauh. Armada sempat kesulitan karena jalan di awal kejadian belum layak dilalui. Selain itu, proses administrasi dan verifikasi dari PMI Pusat juga cukup memakan waktu. Konfirmasi bantuan dari Wapres dan Kadin baru kami terima di minggu terakhir Ramadan, dan baru terealisasi pekan kemarin,” jelasnya.
PMI juga menyiapkan skenario jika bencana serupa kembali terjadi. Candra menyebut pihaknya akan sigap turun ke lapangan dengan membentuk posko kesehatan, memberikan layanan medis, serta melakukan tindakan pencegahan sejak dini.
“Kalau situasi memburuk, kami langsung terjun. Kami siapkan posko kesehatan, pelayanan medis, dan tentunya penguatan kesiapsiagaan bencana,” ungkapnya.
Baca Juga:Alhambra Hotel & Convention Gelar Aksi Donor Darah, Kontribusi Perusahaan untuk MasyarakatPerluas Layanan Tri di Priangan Timur, Indosat Resmikan 3Store Tasikmalaya
Terkait efektivitas bantuan, PMI mengukur dampak melalui pendekatan langsung di lapangan dan umpan balik dari warga.
“Kami lakukan rapid assessment, lalu berdialog dengan masyarakat untuk memastikan bantuan benar-benar dirasakan. Di lapangan, bantuan kasur dan logistik lain sangat membantu meringankan beban awal para korban,” ujarnya.