Prodi Magister Manajemen Unsil Gelar Business Matching, Siapkan UMKM Berdaya Saing

PENGABDIAN
Prodi MM Universitas Siliwangi menyelenggarakan kegiatan pengabdian, Sabtu, 31 Mei 2025. 
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Sebagai bagian dari implementasi visi baru Universitas Siliwangi yaitu Unggul, Berdampak untuk Negeri, Program Studi Magister Manajemen (MM) Universitas Siliwangi menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) bertajuk Business Matching: Produk Siap Pasar, UMKM Siap Tumbuh.

Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 31 Mei 2025 dan diikuti oleh 50 pelaku UMKM terpilih dari Komunitas JJS Tasikraya.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata kontribusi perguruan tinggi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal berbasis UMKM, sekaligus memperkuat peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat.

Baca Juga:Indosat Bagikan Dividen Rp 2,7 Triliun, Perkuat Penciptaan Nilai Jangka Panjang Telkomsel Gelar Gladian Panji TERRA di Tasikmalaya, Wujudkan Dampak Bisnis Berkelanjutan

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Program Pascasarjana Unsil, Dr Yusuf Abdullah. Dihadiri oleh para Guru Besar Magister Manajemen Prof Dr H Kartawan dan Prof Dr H Deden Mulyana, serta Koordinator Prodi MM Dr Edy Suroso.

Dalam sambutannya, Dr Yusuf menekankan pentingnya kolaborasi antara dunia akademik dan pelaku UMKM untuk menciptakan inovasi dan akses pasar yang berkelanjutan.

Sebagai langkah awal kemitraan strategis, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Prodi MM dengan Komunitas UMKM JJS Tasikraya terkait program kurasi dan pendampingan produk UMKM. MoU tersebut ditandatangani oleh Dr Jajang Badruzaman, Direktur Pascasarjana Unsil, dan Maman Kadarusman, Ketua Komunitas JJS Tasikraya.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi materi penguatan kapasitas UMKM yang mencakup: Desain dan Strategi Kemasan Produk, Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Strategi Penetapan Harga Jual.

Selanjutnya, mahasiswa MM Angkatan 2024 secara aktif terlibat dalam sesi kurasi produk, dengan masing-masing mahasiswa mengkurasi dua produk UMKM. Kurasi ini mencakup aspek kualitas produk, kelayakan kemasan serta kesiapan pasar.

Puncak kegiatan adalah sesi business matching yang mempertemukan UMKM dengan tiga mitra potensial dari sektor ritel modern yakni X-sha Super Market, Plaza Asia dan Qini Mart. Para buyer memaparkan standar penerimaan produk dan langsung melakukan seleksi terhadap produk-produk unggulan dari peserta UMKM.

Melalui kegiatan ini, Program Studi MM Universitas Siliwangi tidak hanya mengasah keterampilan profesional mahasiswa, tetapi juga memberikan dampak langsung bagi masyarakat. (rls)

0 Komentar