542 Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya Rusak, Bantuan Anggaran dari Pusat dan Provinsi Diperlukan

Sekolah rusak di kota tasikmalaya
Kondisi SDN Ciangir yang rusak dan memerlukan rehab sesegera mungkin. (Ayu Sabrina/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Sebanyak 542 sekolah dasar (SD) di Kota Tasikmalaya memerlukan rehab bangunan, dengan kekurangan sekitar 313 ruang kelas belajar (RKB). Sementara untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), 94 sekolah memerlukan perhatian serius terkait fasilitas dan gedung sekolah.

Data itu diungkap kepala Plt Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Tedi Setiadi kepada Radar usai menghadiri kegiatan di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tasikmalaya, pada Selasa (27/5/205) lalu.

“Contohnya di SD Ciangir, kondisinya harus segera direhabilitasi dan proses perbaikan sudah bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Baca Juga:Tahun Moncer Anak Tokoh NUUsulan Pengisian Jabatan Kosong Pemkot Tasikmalaya Mentah Lagi-Mentah Lagi, DPRD Sarankan Ditelusuri!

Selain itu, Disdik juga tengah menyiapkan pengusulan kepala sekolah dan peningkatan kesejahteraan guru.

“Fokus pertama kami adalah persiapan pengusulan kepala sekolah, serta upaya peningkatan kesejahteraan guru. Saat ini ada 64 guru yang diajukan untuk mendapatkan tunjangan guru honorer. Dari jumlah tersebut, sudah 43 guru yang menerima tunjangan, dan masih ada 21 guru yang belum,” jelas Tedi.

Untuk mengatasi semua persoalan tersebut, Disdik Kota Tasikmalaya akan mengajukan berbagai solusi kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi Jawa Barat, serta anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tasikmalaya.

Menurut Tedi, penataan guru juga menjadi perhatian penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

“Sangat penting untuk menata guru, mempermudah proses mutasi guru dari luar kota ke Kota Tasikmalaya, serta merekrut guru yang berkualitas,” ujar Tedi.

Ia menegaskan bahwa langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tasikmalaya yang dikenal dengan julukan “Kota Gasikmakaya”, sekaligus menjamin kesejahteraan guru di wilayah tersebut.

Dengan berbagai program dan perbaikan yang direncanakan, Disdik Kota Tasikmalaya berharap dapat menciptakan suasana pendidikan yang lebih baik dan berkelanjutan. Kualitas guru yang meningkat dan fasilitas sekolah yang memadai diyakini akan mendorong kemajuan pembelajaran dan prestasi siswa di seluruh jenjang pendidikan di Kota Tasikmalaya. (Ayu Sabrina)

0 Komentar