DLHK pun turut melakukan upaya pembenahan, termasuk dengan mengintensifkan sosialisasi, pengawasan, dan komunikasi dengan para pelaku usaha agar secara bertahap mereka bisa memperbaiki sistem pengelolaan limbahnya.
Tak hanya soal limbah, masalah sampah plastik juga masih menjadi persoalan yang belum terselesaikan.
Sampah-sampah yang berserakan menunjukkan masih rendahnya kesadaran masyarakat dan wisatawan untuk membuang sampah pada tempatnya.
Baca Juga:Limbah Hotel Cemari Pantai Pangandaran, Wisatawan Bisa KapokPedagang Pasar Wisata Pangandaran Mengadu ke DPRD, Curigai Mekanisme Pendataan oleh Pemkab
Padahal, kunjungan wisatawan ke Pangandaran cenderung meningkat, terutama saat akhir pekan dan libur panjang, sehingga kebersihan lingkungan seharusnya menjadi prioritas bersama.
Dengan kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, diharapkan Pantai Pangandaran bisa menjadi destinasi wisata yang tidak hanya indah, tetapi juga bersih dan nyaman bagi semua pengunjung. (Deni Nurdiansah)