BANDUNG, RADARTASIK.ID – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan lonjakan trafik data nasional sebesar 21 persen di moment Idulfitri 1446 H. Angka tersebut dibandingkan hari biasa.
Peningkatan ini dipicu oleh naiknya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan di moment Ramadan dan Idulfitri. Ada lima aplikasi yang mengalami lonjakan aktivitas digital tertinggi berturut-turut adalah WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram. Tingginya kebutuhan digital pelanggan bisa diantisipasi dengan dengan baik melalui kesiapan jaringan yang andal dan merata. Puncak kenaikan lalu lintas data di periode Idulfitri terjadi waktu arus balik tanggal 4 April 2025.
Khusus di wilayah regional Jawa Barat, Indosat mengalami peningkatan trafik data tertinggi di area Kuningan, yakni naik sebesar 75,3 persen sepanjang periode lebaran. Menyusul Garut serta Tasikmalaya menjadi area kedua dan ketiga dengan kenaikan trafik data tertinggi di Jawa Barat, lonjakannya masing-masing sebesar 115 persen dan 51,2 persen di sepanjang periode yang sama.
Baca Juga:Telkomsel Salurkan Bantuan Pendidikan Hasil Penukaran Total 800 Ribu Poin Pelanggan UBK Tasikmalaya Buka Prodi Profesi Kebidanan
Indosat memastikan kualitas jaringannya tetap optimal di tengah kenaikan kebutuhan komunikasi digital pelanggan di seluruh Indonesia, baik di kota besar ataupun daerah tujuan mudik. Tak hanya itu, Indosat juga melakukan optimasi khusus di area dengan potensi kepadatan tinggi yakni di stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata populer, hal itu memastikan konektivitas tetap stabil tanpa gangguan.
Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan bahwa pihaknya percaya teknologi yang mutakhir harus diiringi dengan sentuhan tangan manusia. “Layanan yang kami hadirkan pada moment Hari Raya Idulfitri ini adalah bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan sehingga pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar,” katanya.
Komitmen Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia diwujudkan melalui dedikasi ribuan petugas teknis di balik layar. Lebih dari 3.000 engineer serta petugas teknis di seluruh Indonesia telah bersiaga dalam memastikan layanan lancar tanpa gangguan, bahkan di puncak trafik sekalipun. Mereka bersiaga di lapangan termasuk di DIOC (Digital Intelligence Operations Center), untuk memastikan pelanggan tetap terhubung dengan keluarga serta kerabat tercinta.