Tasikmalaya Siapkan Smart Kelom, Aplikasi Pelayanan Publik untuk Kelurahan

smart kelom
Sejumlah pegawai kelurahan mengikuti bimbingan pengaplikasian Smart Kelom di Lab Komputer BKPSDM, Kamis 7 November 2024. (Firgiawan/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID –Pemerintah Kota Tasikmalaya tengah mengembangkan aplikasi pelayanan publik berbasis kelurahan bernama Kelurahan On Mobile (Smart Kelom), yang akan segera diaktifkan.

Aplikasi ini diharapkan mampu mempermudah akses layanan dan informasi bagi masyarakat hanya dengan menggunakan smartphone.

Pada Kamis 7 November 2024, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya mengadakan bimbingan teknis untuk sejumlah pegawai kelurahan guna mempersiapkan implementasi aplikasi ini.

Baca Juga:Muslim Serap Aspirasi Warga Kelurahan Setiawargi yang Ingin Wilayahnya Kembali Jadi Desa Agar Dapat Dana DesaLima Siswa Terbang ke Hongkong Usai Menangkan Kompetisi Seni Keluarga Faber-Castell 2023/2024

Kepala Diskominfo Kota Tasikmalaya, H Hanafi, mengungkapkan bahwa Pemkot telah merintis platform ini sebagai sistem integrasi antar kelurahan di Kota Tasikmalaya, yang diberi nama Kelom.

“Makanya hari ini, kami mengundang seluruh pihak kelurahan untuk memberikan bimbingan teknis penggunaan dan pemanfaatannya,” ujar Hanafi dalam acara pembukaan bimbingan di Lab Komputer BKPSDM.

Hanafi menjelaskan bahwa bimbingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi Smart Kelom. Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memudahkan proses administrasi pemerintahan di tingkat kelurahan. “Dengan aplikasi ini, diharapkan dapat tercipta sistem yang lebih efisien, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo, Amrah Saefullah, menambahkan bahwa bimbingan teknis ini diikuti oleh seluruh lurah di Kota Tasikmalaya, yang akan menjadi pengguna utama aplikasi Smart Kelom. “Selain itu, peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber terkait pengoperasian aplikasi serta mendapatkan panduan teknis untuk memaksimalkan pemanfaatannya,” jelas Amrah.

Dengan adanya aplikasi Smart Kelom, Pemkot Tasikmalaya berharap pelayanan publik di tingkat kelurahan akan menjadi lebih efektif, responsif, dan dekat dengan kebutuhan masyarakat. (Firgiawan)

0 Komentar