Masyarakat Dorong APH Tindaklanjuti Laporan BPK untuk Pengelolaan Keuangan yang Akuntabel di Kabupaten Ciamis

ilustrasi LHP BPK RI
gambar ilustrasi: net
0 Komentar

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang baru-baru ini dirilis di Kabupaten Ciamis mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Yoyo Sutarya Wangsa Praja, perwakilan Masyarakat Peduli Kabupaten Ciamis, meminta agar Aparat Penegak Hukum (APH) segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan tersebut untuk memastikan bahwa penyaluran dan penggunaan anggaran di Kabupaten Ciamis sesuai aturan.

“Sebab BPK ini sebagai lembaga negara yang bertugas mengawasi pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, memberikan sejumlah rekomendasi dalam LHP-nya agar pengelolaan keuangan daerah berjalan lebih efektif, transparan, dan akuntabel. Oleh karena itu APH harus berani menyelidiki aliran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang sudah diaudit oleh BPK,” katanya kepada Radar, Jumat 25 Oktober 2024.

Baca Juga:Pemkab Ciamis Diminta Transparan Soal Penyaluran Dana HibahCuking, Eks Ketua NPCI Jabar Asal Ciamis Ditahan Kejati Akibat Dugaan Penyelewengan Dana Hibah Rp 122 Miliar

Yoyo juga berharap, apabila ada indikasi penyimpangan dalam LHP BPK, APH dapat bergerak proaktif untuk mengawasi proses perbaikan yang diperlukan.

“Harapannya, dengan adanya atensi APH terhadap LHP BPK ini, pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Ciamis bisa menjadi contoh transparansi dan akuntabilitas yang baik bagi daerah lainnya,” lanjutnya.

Lebih jauh, Yoyo menekankan bahwa transparansi dalam pengelolaan keuangan negara adalah hal mutlak untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah dan APH.

Ia berharap APH dapat menjalankan fungsi pengawasan dengan tegas demi menjaga kepercayaan publik.

“Pengawasan ini juga merupakan upaya untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah dan APH. Kepercayaan publik sangat bergantung pada sejauh mana pemerintah dan aparat hukum menindaklanjuti setiap temuan BPK secara terbuka dan responsif,” ujarnya.

Menurutnya, tindakan ini juga penting untuk menanamkan kesadaran di setiap instansi pemerintah bahwa dana publik harus digunakan dengan sebaik-baiknya dan tanpa celah penyalahgunaan.

Dengan adanya pengawasan yang ketat dan responsif, Yoyo berharap pengelolaan keuangan di Kabupaten Ciamis dapat lebih transparan dan bisa menjadi teladan bagi daerah lainnya dalam hal akuntabilitas pengelolaan anggaran daerah. (Fatkhur Rizqi)

0 Komentar