Target 500 Labu pada Aksi Donor Darah di Kabupaten Garut, Warga: Baik untuk Kesehatan

Donor darah
Kegiatan donor darah yang digelar di gedung Pendopo Kabupaten Garut, Selasa 22 Oktober 2024. (Agi Sugiana/Radartasik.id)
0 Komentar

GARUT, RADARTASIK.ID – DWP Kabupaten Garut bersama tim Penggerak PKK mengadakan kegiatan donor darah di Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Selasa 22 Oktober 2024. Kegiatan itu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan darah di UDD PMI Kabupaten Garut.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Lina Nurdin Yana, mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperingati ulang tahun DWP ke-25 dan Hari Kesatuan Penggerak PKK ke-52.

Ia menyampaikan, target pada kegiatan kali ini sebanyak 500 labu darah. “Targetnya itu kita dari peserta sejumlah 800-an, kita menginginkan target 500 labu,” ucapnya.

Baca Juga:Tujuh Warga Garut Dikabarkan Hilang di Gunung GodongLagi dan Lagi, Ratusan Miras dan Knalpot Brong Ditemukan di Garut

Lina menuturkan, tujuan dari kegiatan donor darah untuk membantu UDD PMI Kabupaten Garut dalam memenuhi ketersediaan darah. Juga membantu masyarakat, khususnya pasien yang membutuhkan banyak darah di Kabupaten Garut.

Peserta donor darah antusias, mulai dari kalangan anak muda sampai orang tua berbondong-bondong mengisi form pemdaftaran.

“Pesertanya dari semua elemen masyarakat, pegawai ASN, kemudian ada juga organisasi lainnya, termasuk pelajar dari sekolah ada yang datang,” katanya.

Namun, dari sekian banyak yang hadir, harus melewati proses pengecekan kesehatan, dan juga pengecekan HB. Jadi tidak semua yang mendaftar bisa lolos untuk bisa melakukan donor darah.

Ia berharap apa yang menjadi target labu pada kegiatan ini bisa tercapai sehingga bisa membantu UDD PMI Kabupaten Garut untuk menambah stok darah.

“Mudah mudahan apa yang kami targetkan tercapai, dan mungkin ini bisa dilanjutkan, tapi kami ingin mandiri melaksanakannya,” katanya.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut, dr Iwan Irawan, mengapresiasi kegiatan itu. Sebab kebutuhan darah di Kabupaten Garut itu rata rata 2.000 labu per bulan.

Baca Juga:Teror Ketuk Pintu di Kota Banjar Bikin Warga ResahMenikmati View Talaga Bodas dari Gunung Sagara Garut

Ia berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan oleh organisasi yang lainnya di Kabupaten Garut.

“Harapannya kegiatan ini berkelanjutan, sebetulnya ini sudah rutin dan kami berharap bisa dilakukan oleh organisasi lain yang ada di Garut,” katanya.

Salah satu peserta donor darah, Sugih (26) mengatakan sudah rutin mendonorkan darahnya, baik di PMI langsung maupun di kegiatan-kegiatan seperti ini. “Alhamdulilah sudah rutin, ini donor yang ke 20 kali,” ucapnya.

0 Komentar