Puluhan Peserta Upacara Hari Santri Nasional di Kota Banjar Jatuh Pingsan, Ini Penyebabnya

Hari santri nasional
Tenaga kesehatan Puskesmas Banjar 3 saat menangani peserta upacara Hari Santri Nasional yang jatuh pingsan, Selasa 22 Oktober 2024. (Istimewa)
0 Komentar

BANJAR, RADARTASIK.ID – Sejumlah peserta upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kota Banjar di Taman Kota Lapang Bhakti pingsan, Selasa 22 Oktober 2024.

Peserta upacara HSN yang bertumbangan kebanyakan pelajar. Diduga, mereka yang pingsan karena belum sarapan dan memiliki riwayat berbagai penyakit.

Mereka yang pingsan ditandu tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Banjar 3 ke tepi atau pinggir Taman Kota Banjar.

Baca Juga:Pedagang Pasar Banjar Jangan Khawatir, Pemkot Sebut Solusi Pasti DijalankanButuh Solusi Nyata, Pedagang Pasar Banjar: Ini Masalah Perut

“Kurang lebih ada puluhan yang pingsan. Kemungkinan kelelahan, belum sarapan,” ucap salah seorang tenaga kesehatan Puskesmas Banjar 3, Ariatmo.

Selain akibat kelelahan dan belum sarapan, peserta upacara Hari Santri Nasional yang jatuh pingsan juga ada yang disebabkan penyakit bawaan.

Seperti ada yang sesak nafas atau asma, sehingga dengan cepat ditangani oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Banjar 3. “Cukup banyak yang pingsan, tapi sudah ada yang siuman (pulih),” katanya.

Menurutnya, selain faktor kelelahan hingga penyakit juga ditambah faktor cuaca. Panas menyengat.

Meski begitu, peserta yang pingsan tidak terlalu lama setelah langsung ditangani tenaga kesehatan Puskesmas Banjar 3.

“Peserta yang sudah siuman sudah langsung pulang alhamdulillah. Tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit,” ujarnya. (Anto Sugiarto)

0 Komentar