Inilah Pesan Penting Kiai Saad Ibrahim di Kemah Santri Muhammadiyah Nasional 2024, Kontingen Jabar Turut Serta

Kemah Santri Muhammadiyah Nasional
Para santri Kontingen Jawa Barat berfoto bersama di acara Kemah Santri Muhammadiyah Nasional (KSMN) Ke-1 di Karanganyar. (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

KARANGANYAR, RADARTASIK.ID – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kiai Saad Ibrahim, memberikan motivasi kuat kepada ribuan santri Muhammadiyah yang menghadiri penutupan Kemah Santri Muhammadiyah Nasional (KSMN) I di Karanganyar.

Dalam pidatonya, ia mendorong para santri untuk berpikir besar dan memiliki visi global.

Kiai Saad mengajak mereka untuk tidak hanya sekadar bercita-cita lokal, tetapi juga menargetkan peran global, bahkan menjadi pemimpin di negara besar seperti Amerika Serikat.

Baca Juga:Hari Santri dan Syair Lagu Berjudul Kota Santri, Tantangan untuk Ulama dan Umara di Kota TasikmalayaPopuler dan Peduli Sosial, bank bjb Buktikan Diri di Indonesia Best Financial Awards 2024

Ia menekankan pentingnya memiliki al-iradah al-kubra atau keinginan besar untuk meraih cita-cita tinggi.

Baginya, santri Muhammadiyah harus berkontribusi pada kemanusiaan secara luas dan tidak hanya berfokus pada konteks nasional.

Salah satu cara untuk mewujudkannya, menurut Kiai Saad, adalah dengan mengembangkan peran global dan menunjukkan nilai-nilai Islam sebagai agama perdamaian.

Muhammadiyah, lanjutnya, telah lama menjaga dan membangun bangsa.

Kiai Saad mencontohkan pendirian Universitas Muhammadiyah Kupang di Nusa Tenggara Timur sebagai bukti peran Muhammadiyah dalam menjaga keragaman, dengan mayoritas mahasiswanya merupakan non-Muslim.

Ia menegaskan bahwa Muhammadiyah telah melebihi sekadar wacana menjaga NKRI, dan santri diharapkan mengangkat wibawa Indonesia di kancah internasional.

Kiai Saad juga mendorong santri untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

Ia mengingatkan mereka bahwa tantangan ke depan menuntut generasi santri untuk berperan lebih aktif dalam membangun masa depan bangsa.

Baca Juga:Bagaimana Memilih Kualitas dan Harga Kertas HVS Terbaik untuk Kebutuhan Bisnis AndaFonseca Puas, Tidak Adil Jika AC Milan Tak Menang Lawan Udinese

Dia mengajar para santri Muhammadiyah untuk menyebarkan rahmatan lil’alamin ke seluruh penjuru dunia, menjadikan santri Muhammadiyah sebagai penjaga moral bangsa di panggung global.

”Sebarkan Islam sebagai agama damai dan tunjukkan kepada dunia bahwa kalian adalah generasi yang siap mengangkat martabat NKRI di panggung global,” ujar Kiai Saad seperti dikutip situs resmi Muhammadiyah.

Membangun Karakter Santri Berdaya Saing

Kemah Santri Muhammadiyah Nasional I yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah sukses diselenggarakan selama tiga hari, dari Ahad hingga Selasa (20-22/10/2024).

Acara yang diikuti oleh 1.318 santri dari seluruh Indonesia ini berlangsung dengan lancar, meski sempat diguyur hujan pada hari pertama.

0 Komentar