Hari Santri dan Syair Lagu Berjudul Kota Santri, Tantangan untuk Ulama dan Umara di Kota Tasikmalaya

hari santri
Para santri memperingati Hari Santri di Kota Tasikmalaya, Selasa, 22 Oktober 2024. (Ayu Sabrina B/Radartasik.id)
0 Komentar

Saya tidak tahu penilaian Anda. Silahkan klik saja klik link lagu Kota Santri. Tentukan dan putuskan sendiri nilainya. Hehehe.

*

Saya memang penasaran sekali dengan kata santri. Apalagi di era Presiden Jokowi sampai dicanangkan ada Hari Santri. Tepatnya di tanggal 22 Oktober.

Selain santri, khususnya di Jawa Barat, sering didengar juga sebutan atau tulisan kata nyantri.

Baca Juga:Populer dan Peduli Sosial, bank bjb Buktikan Diri di Indonesia Best Financial Awards 2024Bagaimana Memilih Kualitas dan Harga Kertas HVS Terbaik untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Saya pun mencari arti dua kata itu. Biasa, cara singkat dan cepat pencarian via mbah google.

Muncullah penjelasan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ternyata untuk kata santri ada tiga arti.

Pertama, santri adalah orang yang mendalami agama Islam. Kedua, santri adalah orang yang beribadah dengan sungguh-sungguh (orang yang saleh).

Ketiga, santri adalah orang yang mendalami pengajiannya dalam agama islam dengan berguru ke tempat yang jauh seperti pesantren dan lain sebagainya.

Lalu saya teruskan mencari arti kata nyantri. Dalam KBBI nyantri berarti berperilaku sopan, taat beribadah, dan berpendidikan.

Nyantri juga dapat diartikan sebagai semangat atau spirit Sunda yang merupakan bahan penting untuk memajukan bangsa.

Saya pun mulai paham. Kenapa santri mendapat perhatian begitu istimewa. Sampai harus ada Hari Santri yang setiap 22 Oktober diperingati.

Baca Juga:Fonseca Puas, Tidak Adil Jika AC Milan Tak Menang Lawan UdineseDua Kali Gol Dianulir Lawan AC Milan, Pelatih Udinese: Tidak Ada Gunanya Mengatakan Apa Pun

Bahkan di perhelatan seperti pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jawa Barat, santri dan nyantri ini dapat menjadi nilai plus untuk modal.menjadi kepala daerah. Baik gubernur, bupati, atau wali kota.

Makanya tidak heran. Setiap perhelatan pilkada, pesantren-pesantren ikut sibuk dan jadi ramai. Sebab tidak hentinya menerima kunjungan-kunjungan dari mereka yang berniat ikut kontestasi pilkada.

Kota Santri

Selain santri dan nyantri, ternyata ada juga sebutan Kota Santri. Di pulau Jawa ada banyak daerah yang mengklaim wilayahnya sebagai Kota Santri.

Salah satu indikator sebuah daerah menyandang julukan Kota Santri adalah banyaknya jumlah pesantren dan jumlah santri.

Kota Tasikmalaya salah satu daerah yang mendapat julukan Kota Santri. Di sini ada ratusan pesantren dan puluhan ribu santri.

Tidak heran ketika Hari Santri tanggal 22 Oktober tiba, Kota Tasikmalaya berubah jadi lautan santri.

0 Komentar