Ada Perubahan, KPU Tetapkan Jadwal Debat Pasangan Calon Pilkada Kota Tasikmalaya

Jadwal debat publik kandidat pasangan calon, sosialisasi Pilkada Kota Tasikmalaya,
Perwakilan organisasi mengikuti sosialisasi Pilkada yang diselenggarakan KPU Kota Tasikmalaya di RM Sambel Hejo, Sabtu (19/10/2024)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Salah satu hal yang ditunggu sebagian publik di Pilkada Kota Tasikmalaya yakni penampilan pasangan calon dalam panggung debat. Dalam hal ini, KPU sudah menetapkan jadwal untuk agenda tersebut.

Sebelumnya, KPU Kota Tasikmalaya merencanakan agenda debat publik untuk pasangan calon Pilkada Kota Tasikmalaya di tanggal 30 Oktober 2024 dan 13 November 2024. Kendati demikian, berdasarkan rapat pleno KPU sudah menetapkan bahwa debat publik digeser beberapa hari dari rencana.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Asep Rismawan menerangkan bahwa pihaknya sudah melaksanakan rapat pleno. Di mana agenda debat pasangan calon dilaksanakan sebanyak dua kali dengan lokasi di Hotel Grand Metro. “Sudah kami laksanakan rapat pleno, pelaksanaanya 2 dan 14 November 2024,” ungkapnya.

Baca Juga:Pelaku Pencurian di Konter Ponsel di Tasikmalaya Tertangkap, Ternyata Maling Juga di Toko LainPotensi Sengketa Pilkada Selalu Ada, Bawaslu Kota Tasikmalaya Siapkan Penyelesaiannya

Pergeseran jadwal dari rencana awal dilakukan karena pihaknya perlu menyesuaikan dengan agenda-agenda lainnya. Sehingga setelah pembahasan dua waktu tersebut dianggap ideal untuk pelaksanaannya. “Supaya pelaksanaan bisa berjalan tanpa gangguan,” tuturnya.

Komisioner KPU Kota Tasikmalaya Leisa Dera mengungkapkan hal serupa di mana pihaknya akan segera menyelenggarakan debat publik. Hal itu menjadi salah satu bagian dari sosialisasi memperkenalkan kandidat beserta visi misi yang mereka bawa. “Kita dua kali debat, disiarkan secara live,” ujarnya saat sosialisasi kepada perwakilan organisasi masyarakat di RM Sambel Hejo, Sabtu (19/10/2024).

Pelaksanaan debat tersebut menjadi salah satu ajang pasangan calon menyampaikan argumentasi gagasan dan program serta adu argumen dengan pasangan calon lainnya. Sekaligus jadi ajang penguatan informasi apa yang selama ini dikampanyekan agar masyarakat memilih mereka.

Dari informasi yang dihimpun Radar, sebagian warga memang mengetahui adanya pelaksanaan Pilkada di Kota Tasikmalaya. Namun mereka belum mengetahui secara detail mengenai tanggalnya yakni 27 November 2024.

Selain itu, Dera menyebutkan bahwa ada juga warga yang belum mengenal pasangan calon secara menyeluruh. Di mana warga hanya mengenal beberapa figur saja yang akan maju di Pilkada. “Saat kita sidak (sosialisasi Pilkada serentak) di pasar cikurubuk beberapa kurang mengetahui terkait paslon, kalau secara tanggal insyaallah sudah pada tahu,” ucapnya.

0 Komentar