Setelah Deklarasi Dukungan Politik Pilkada Kota Tasikmalaya, Lurah Diminta Sterilkan Linmas

Satlinmas
Kabid Tibum, Tranmas dan Linmas Satpol PP H Budhi Hermawan saat memberikan paparan dalam pembinaan linmas Kelurahan Sukamulya, Cipedes, Jumat (18/10/2024) Pagi. (Firgiawan/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Satpol PP Kota Tasikmalaya menyebar himbauan kepada para lurah terkait netralitas Linmas. Mereka yang akan dijadikan petugas di TPS harus menandatangani pernyataan secara tertulis.

Kepala Satpol PP Kota Tasikmalaya Iwan Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya sudah menyebar surat himbauan ke para lurah. Hal itu menyikapi adanya deklarasi yang mengatasnamakan Forum Linmas Kota Tasikmalaya yang mendukung salah satu pasangan calon. “Sudah saya sebarkan surat ke lurah-lurah yang merupakan Kasat Linmas (masing-masing wilayah),” ucapnya kepada Radar, Jumat (18/10/2024).

Padahal, kata Iwan, Senin 7 Oktober 2024 lalu sudah dilaksanakan apel besar netralitas ASN untuk Pilkada. Pada kesempatan tersebut, Sat Linmas pun ikut dilibatkan mendeklarasikan netralitas. “Pada apel besar netralitas kemarin juga dihadirkan anggota Sat Linmas,” ucapnya.

Baca Juga:Ikut Deklarasi Politik, Linmas Tak Dapat Jatah Tugas di TPS Pilkada Kota TasikmalayaBangun Ekonomi Masyarakat Sampai Penataan Kota, Yusuf-Hendro Targetkan Tasikmalaya Jadi Kota Metropolitan

Melalui surat tersebut, pihaknya meminta supaya memberikan pembinaan kepada Sat Linmas agar menjaga netralitas di Pilkada. Di mana mereka harus fokus pada tugas fungsi pokok (Tupoksi) sesuai regulasi.

Selain itu, para lurah juga diminta tidak mengusulkan anggota linmas terafiliasi pada pasangan calon dan partainya. Termasuk terlibat dalam dalam deklarasi dukungan kepada pasangan calon.

Untuk penegasan, Lanjut Iwan, Pihaknya juga meminta agar Linmas yang akan ditugaskan menjaga TPS membuat pernyataan tertulis. Di mana mereka bukan anggota partai, relawan pasangan calon dan hal lain yang bertentangan dengan netralitasnya. “Harus membuat pernyataan tertulis, seperti di Pilpres dan Pileg kemarin,” katanya.

Iwan pun menegaskan bahwa Forum Linmas Kota Tasikmalaya berkedudukan terpisah dari pemerintah. Pasalnya Linmas yang berada di bawah naungan pemerintah tidak berbentuk forum. “Linmas kita itu satuan, bukan forum,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Forum Linmas Kota Tasikmalaya menandatangani kesepakatan politik dengan Calon Wakil Wali Kota nomor urut 1, H Muslim MSi. Kesepakatan itu dilakukan di RM Sambel Hejo pada Rabu 15 Oktober 2024.

Pada kesempatan itu, Ketua Forum Linmas Kota Tasikmalaya Asep Rahmat Firdaus ST mengatakan dia dan rekan-rekannya tertarik dengan janji politik Nurhayati-Muslim. Di mana Linmas akan diberi insentif rutin setiap tahun ketika mereka memimpin Kota Tasikmalaya. “Karena selama ini belum ada perhatian pemerintah untuk Linmas,” tuturnya.

0 Komentar