64 Anggota Linmas Sukamanah Dibekali Tugas Jelang Pilkada 2024

Satlinmas
Kabid Tibum, Tranmas dan Linmas Satpol PP H Budhi Hermawan saat memberikan paparan dalam pembinaan linmas Kelurahan Sukamulya, Cipedes, Jumat (18/10/2024) Pagi. (Firgiawan/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Sebanyak 64 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, mendapatkan pembekalan terkait tugas dan fungsi mereka, terutama berkaitan netralitas menjelang Pilkada 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Pembinaan ini dilakukan melalui Program Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan dalam kegiatan sosialisasi di aula Kelurahan Sukamanah, Jumat 18 Oktober 2024.

Sekretaris Lurah Sukamanah, Willy Samsudin, menyampaikan bahwa pembekalan ini penting untuk mempersiapkan petugas Linmas menghadapi Pemilukada, terutama di Kelurahan Sukamanah yang memiliki 32 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga:Cuking, Eks Ketua NPCI Jabar Asal Ciamis Ditahan Kejati Akibat Dugaan Penyelewengan Dana Hibah Rp 122 MiliarMAKLUMAT EYANG!!

“Kami melakukan pembekalan, kesiapan Pemilukada di mana di Kelurahan Sukamanah ini ada 32 Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ujarnya di sela-sela sosialisasi.

Willy menjelaskan bahwa dua petugas Linmas akan ditempatkan di setiap TPS, sehingga netralitas mereka menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga pelaksanaan Pemilukada yang demokratis.

“Netralitas yang utama kami tekankan kepada anggota Linmas agar terlaksananya Pemilukada dengan sukses,” tegasnya.

Selain itu, Willy juga menekankan bahwa pembinaan ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali kesadaran bahwa Linmas adalah lembaga resmi pemerintah.

“Mereka adalah garda terdepan, dari kelurahan sebagai kepanjangan tangan kelurahan urusan ketertiban di lingkungan masyarakat,” katanya.

Untuk memperkuat pembinaan, narasumber dari berbagai lembaga seperti kelurahan, kecamatan, Satpol PP, dan Binmas Polres Tasikmalaya Kota juga dilibatkan.

“Kami berikan narasumber untuk menggeber mereka mulai dari kelurahan, kecamatan, Satpol PP, Binmas Polres Tasikmalaya Kota,” tambah Willy.

Baca Juga:TPP Pegawai Pemkab Ciamis Sering Telat, Tokoh Pemuda Usul Pemerintah Lakukan Penyesuaian AnggaranIvan Dicksan Sebut Petiga Idaman Pendukung Paling Solid dan Mengakar di Pilkada 2024!

Sementara itu, Kepala Bidang Tibum, Tranmas, dan Linmas Satpol PP Kota Tasikmalaya, H Budhi Hermawan, menjelaskan bahwa pembinaan ini merupakan langkah agar anggota Linmas memahami tugas pokok dan fungsi mereka, khususnya dalam peran sebagai petugas keamanan saat Pemilu, sesuai amanat undang-undang.

Namun, Budhi juga mengingatkan bahwa sebagai warga negara, anggota Linmas tetap memiliki hak pilih, yang harus dijaga kerahasiaannya.

“Namun, itu tidak untuk dipublikasikan melainkan privasi. Supaya pelayanan dari berbagai kalangan tetap bisa diperankan oleh mereka,” jelasnya.

Budhi berharap agar ke depan Linmas tetap menjadi organisasi yang independen di bawah komando lurah sebagai Kasatlinmas.

“Juga menjunjung nilai-nilai demokrasi dan kearifan lokal,” tegasnya. (Firgiawan)

0 Komentar