SDN 2 Nagarawangi Eksplorasi Kota Tasikmalaya dengan Outing Class

outing class
Siswa-siswi SDN 2 Nagarawangi berkeliling Kota Tasikmalaya dengan naik mobil Ngulisik, Kamis 17 Oktober 2024. (Fitriah Widayanti/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Sebagai bagian dari upaya memperkenalkan fasilitas umum di Kota Tasikmalaya, seluruh siswa kelas 2 SDN 2 Nagarawangi mengikuti kegiatan outing class pada Kamis 17 Oktober 2024.

Sebanyak 46 siswa, didampingi Kepala SDN 2 Nagarawangi Dede Heryati SPd, wali kelas 2A dan 2B Siti Komariah MPd dan Asti Widia Agustiani SPd, serta guru pendamping Dewi Rosmawati SPd, diajak berkeliling kota menggunakan kendaraan wisata Ngulisik yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Guru SDN 2 Nagarawangi, Siti Romayaha, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah mengedukasi siswa mengenai berbagai fasilitas umum, seperti alun-alun, pasar, terminal, taman kota, rumah sakit, dan kantor pos.

Baca Juga:MAKLUMAT EYANG!!TPP Pegawai Pemkab Ciamis Sering Telat, Tokoh Pemuda Usul Pemerintah Lakukan Penyesuaian Anggaran

“Kegiatan ini dilakukan dengan konsep pembelajaran langsung yang menyenangkan dan interaktif,” ungkap Siti.

Selama perjalanan, siswa tidak hanya mempelajari fungsi dari setiap tempat yang dikunjungi, tetapi juga diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga keselamatan diri saat berada di ruang publik.

Mereka diajarkan cara menjaga barang pribadi, waspada terhadap orang asing, serta mematuhi aturan lalu lintas.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga menekankan nilai kerja sama dan saling menghargai di antara teman. Siti menambahkan bahwa program tahunan ini selalu disambut dengan antusias oleh para siswa.

“Dengan pembelajaran langsung, siswa dapat lebih memahami aturan dan etika yang harus diterapkan di tempat umum,” ujarnya.

Kegiatan outing class ini tidak hanya diharapkan memberikan pengalaman belajar, tetapi juga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemandirian siswa saat berada di lingkungan publik.

“Manfaat lain dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya keselamatan dan menghargai fasilitas umum,” jelas Siti.

Baca Juga:Ivan Dicksan Sebut Petiga Idaman Pendukung Paling Solid dan Mengakar di Pilkada 2024!Kuota Guru PPPK di Ciamis Hanya 40 Orang

Sebagai penutup, siswa diberi tugas untuk membuat esai atau gambar mengenai tempat umum yang paling berkesan dan tindakan hati-hati yang perlu dilakukan saat berada di sana.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman berharga bagi para siswa. (Fitriah Widayanti)

0 Komentar