Hari Keempat Operasi Zebra Lodaya, Pengendara Tak Pakai Helm Mendominasi

Operasi zebra
Anggota Satlantas Polres Garut saat melaksanakan Operasi Zebra di Bundaran Tarogong, Kamis 17 Oktober 2024. (Agi Sugiana/Radartasik.id)
0 Komentar

GARUT, RADARTASIK.ID – Operasi Zebra Lodaya tahun 2024 sudah memasuki hari ke empat. Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut terus melakukan operasi di titik-titik tertentu, seperti halnya di Bundaran Tarogong, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Garut Ipda Ade Sulaeman mengatakan, saat ini pihaknya sedang melaksanana Operasi Zebra Lodahya hari keempat.

“Untuk target seperti yang disampaikan satuan atas Ditlantas Polda Jabar, ada tujuh target,” ucapnya, Kamis 17 Oktober 2024.

Baca Juga:Car Free Day Minggu Ketiga di Garut Akan Ditiadakan, Ini AlasannyaMusim Hujan, Waspada Ancaman Bencana Alam di Garut

Ia menyampaikan, Bundaran Tarogong menjadi salah satu tempat target operasi karena masih banyak pengguna jalan yang tidak menggunakan helm dan knalpot, sehingga pihaknya langsung laksanakan untuk penindakan.

Ade menerangkan pelanggaran sampai saat ini masih didominasi pengendara yang tidak menggunajan helm.

“Ya untuk pelanggaran sampai dengan saat ini didominasi sepeda motor di antaranya banyak temuan di lapangan penumpang yang tidak menggunakan helm, kami terapkan pasal 291 ayat 2,” katanya.

Pihaknya juga masih terus menggalakan operasi untuk penindakan knalpot tidak sesuai spesifikasi atau knalpot brong sesuai arahan Kapolres Garut.

Pada pelaksanaannya, ia menyampaikan ada pengendara kedapatan menggunakan knalpot brong akan langsung diamankan.

“Apabila ditemukan di lapangan, kami amankan kendarannya, nanti silakan bisa dipasang atau diganti untuk knalpot aslinya di polres,” katanya.

Dalam kegiatan Operasi Zebra di Bundaran Tarogong, pihaknya langsung melakukan penindakan tilang secara manual.

Baca Juga:Teror Ketuk Pintu di Kota Banjar Bikin Warga ResahKebutuhan Mobil Pemadam Kebakaran Mendesak

Selain melaksanakan kegiatan penilangan, Satlantas Polres Garut juga mengadakan kegiatan bagi-bagi vitamin dan cek kesehatan bagi para pengendaran. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap dalam kondisi prima saat berkendara.

Sampai hari ke empat, hasil dari penindakan pelanggaran pada Operasi Zebra Lodaya ini didapat ETLE sebanyak 72 pelanggaran dan teguran sebanyak 228 pelanggar. (Agi Sugiana)

0 Komentar