Kepala Desa Siap Hadapi Tantangan, Apdesi Kabupaten Tasikmalaya Dorong Desa Lebih Maju

apdesi kabupaten tasikmalaya
Pengurus DPC Apdesi Kabupaten Tasikmalaya beserta puluhan Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) se-Kabupaten Tasikmalaya mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas dan evaluasi kinerja pada tanggal 12-13 Oktober 2024. (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Puluhan Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) bersama Pengurus DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tasikmalaya berkumpul dalam sebuah acara yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan mengevaluasi kinerja kepala desa.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 12 hingga 13 Oktober 2024, bertempat di Kawasan Wisata Arga Hot Springs, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya.

Acara ini mengusung tema ”Membangun Bersama Organisasi Apdesi” dan berfokus pada penguatan kompetensi para kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga:Kejutan! Bintang Baru NPCI Kabupaten Tasikmalaya Borong 5 Medali di Peparnas XVII SoloMTs Manarul Huda Kamulyan Tasikmalaya Tambah Tiga Ekstrakurikuler Baru untuk Kembangkan Bakat Siswa

Wakil Ketua Umum DPC Apdesi Kabupaten Tasikmalaya Wilayah Hukum Polres Tasikmalaya Kota, Supendi Supriadi, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari agenda kerja DPC Apdesi.

Selain sebagai sarana silaturahmi antara para kepala desa dan pengurus lainnya, acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Supendi juga menekankan pentingnya sosialisasi desa wisata sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal.

Menurut Supendi, kegiatan peningkatan kapasitas ini didukung sepenuhnya oleh partisipasi para anggota Apdesi.

Mereka juga mendapatkan pembekalan dari berbagai institusi yang berkaitan dengan pemerintahan desa, termasuk dari segi Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum).

Para peserta mendapat pengetahuan dari narasumber yang kompeten dalam bidang peraturan desa serta hukum yang relevan.

Tidak hanya itu, materi tentang produk peraturan desa dan keterampilan public speaking juga diberikan kepada para kepala desa.

Baca Juga:Mano Gymnastics Club Cetak Generasi Emas Atlet Senam TasikmalayaSiaga Bencana, Skill Linmas dan Relawan di Desa Rajadatu Kabupaten Tasikmalaya Diasah

Hal ini dilakukan karena latar belakang mereka yang beragam sehingga diperlukan pemahaman yang komprehensif tentang peran dan tugas sebagai kepala desa.

Supendi menambahkan bahwa kegiatan ini membuka ruang untuk berbagi pengalaman antara kepala desa.

Meskipun sama-sama menjabat sebagai kepala desa, pengalaman dan tantangan yang dihadapi setiap orang tentu berbeda.

Acara ini menjadi wadah bagi para kepala desa untuk saling bertukar pikiran dan berbagi solusi, memperkaya wawasan mereka dalam mengelola desa masing-masing.

Lebih lanjut, Supendi menekankan bahwa kepala desa harus mampu mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya serta terus berkembang dalam menjalankan pemerintahan desa.

0 Komentar