KPU Ciamis Siapkan Badan Adhoc untuk Pilkada 2024 dengan Bimtek Sirekap

sirekap kpu
KPU Kabupaten Ciamis melakukan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dan uji coba untuk badan adhoc di Aula Hotel Priangan, Sabtu 12 Oktober 2024. (ist)
0 Komentar

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis kembali akan menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sebagai persiapan, KPU Ciamis menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan uji coba Sirekap untuk badan adhoc di Aula Hotel Priangan pada 12-13 Oktober 2024.

Tohirin, Komisioner KPU Ciamis yang membawahi Divisi Perencanaan Data dan Informasi, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada badan adhoc terkait penggunaan aplikasi Sirekap. Hal ini penting agar proses rekapitulasi suara pada Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan efisien.

“Bimtek Sirekap ini dapat mendukung proses rekapitulasi yang cepat, akurat, dan transparan,” ujar Tohirin kepada wartawan, Sabtu (12/10/2024).

Baca Juga:TPP Pegawai Pemkab Ciamis Sering Telat, Tokoh Pemuda Usul Pemerintah Lakukan Penyesuaian AnggaranIvan Dicksan Sebut Petiga Idaman Pendukung Paling Solid dan Mengakar di Pilkada 2024!

Menurut Tohirin, selain memahami cara kerja aplikasi, para peserta juga dilatih untuk mengatasi berbagai kendala teknis yang mungkin muncul selama proses rekapitulasi. “Kegiatan ini, tidak hanya fokus pada pemahaman penggunaan aplikasi, tetapi juga pada penyelesaian kendala yang mungkin muncul selama proses rekapitulasi suara nantinya,” jelasnya.

Bimtek dan uji coba ini diikuti oleh badan adhoc, seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang diharapkan nantinya dapat menyampaikan pemahaman mereka kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Mereka melakukan uji coba ini menindaklanjuti pelatihan penggunaan aplikasi Sirekap yang pernah dilakukan. Dengan begitu, badan adhoc memberikan pemahamannya ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai alat bantu penting dalam rekapitulasi suara pada Pilkada 2024,” katanya.

Tohirin juga menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap kelemahan aplikasi Sirekap agar ketika ada masalah teknis, segera bisa diatasi. “Karena peserta bimtek menyampaikan berbagai keluhan dan kendala yang dihadapi, seperti kekurangan pada fitur aplikasi, yang langsung ditindaklanjuti oleh pengembang,” ujarnya.

Dengan persiapan matang ini, diharapkan proses rekapitulasi suara pada Pilkada 2024 di Kabupaten Ciamis dapat berlangsung lebih andal dan transparan. (Fatrkhur Rizqi)

0 Komentar