RADARTASIK.ID – Kini, pelanggan didominasi oleh tech-savvy, mereka dapat mencari informasi dengan mudah terkait produk atau layanan yang akan mereka beli. Entah itu dengan mengunjungi website, atau sekedar membaca testimoni, semua dapat mereka temukan di internet.
Kebiasaan ini mendorong bisnis, baik kecil hingga besar, B2B atau B2C untuk terus menyajikan pemasaran secara terus menerus. Sehingga dibutuhkan marketing automation agar pemasaran multi channel dapat berjalan dengan efisien.
Apa Saja yang Perlu Kamu Ketahui tentang Marketing Automation?
Bayangkan gambaran singkat ini: sebuah rumah terintegrasi dengan satu sistem pintar yang dapat mengontrol keseluruhan elektronik yang ada dalam rumah tersebut berdasarkan rutinitas pemiliknya. Sama dengan marketing automation, ini merupakan sebuah sistem yang menyederhanakan keseluruhan tugas pemasaran secara rutin.
Baca Juga:HUT 78 SPS dan Perayaan 25 Tahun UU Pers: Refleksi Perjalanan Pers di IndonesiaSurvei Pilkada Kota Tasikmalaya 2024: Memahami Preferensi dan Aspirasi Warga, Calon Harus Tahu
Sederhananya, marketing automation merupakan sistem pintar yang berfungsi untuk mengatur kegiatan pemasaran yang berulang dan menguras waktu jika dilakukan secara manual. Umumnya, marketing automation ini terdiri dari beberapa software yang terintegrasi satu sama lain. Keseluruhan software nantinya dapat diakses melalui satu platform saja untuk mempermudah tugas tanpa harus bolak-balik antar aplikasi.
Sebuah game-changer untuk bisnis
Mengapa sistem ini menjadi sebuah game-changer bagi bisnis? Ibaratkan seperti kamu menyusun permainan domino, hanya dengan satu gerakan kamu dapat merobohkan keseluruhan domino tersebut. Seperti itu pula cara kerja marketing automation, kamu dapat menangkap dua burung hanya dengan satu lemparan anak panah. Terlihat mudah, ya?
Hanya dengan satu perintah, marketing automation dapat memberikan manfaat bagi kegiatan pemasaran, seperti:
Rangkaian dasar aplikasi marketing automation
Untuk menerapkan sistem otomatisasi dalam pemasaran, kamu perlu menggunakan salah satu dari rangkaian software dasar berikut ini.
- CRM (customer relationship management), alat untuk merekam data interaksi pelanggan dengan bisnis.
- Message automation, untuk mengatur pengiriman kampanye, atau menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis dalam bentuk pesan singkat serta email.
- Social media management tools, alat yang berguna untuk mengatur perencanaan unggah konten pemasaran melalui media sosial.
- Inventory and stock management tools, alat yang berfungsi untuk mencatat, mengelola dan melaporkan stok produk yang keluar dan masuk secara otomatis.
- Lead scoring and nurturing tools, alat yang berfungsi untuk memfilter prospek potensial dengan sistem skor, sangat cocok digunakan untuk bisnis B2B.
- Analytic and reporting tools, alat yang berfungsi untuk melacak hasil kinerja pemasaran dan menampilkannya dalam bentuk laporan data.