YOGYAKARTA, RADARTASIK.ID – Prodi Linguistik Terapan Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengambil langkah strategis untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Dalam rangka ini, Prodi Linguistik Terapan FBSB UNY mengadakan workshop bertajuk LinguaLab: Bahasa Bisnis dan Marketing untuk UMKM.
Kegiatan ini, yang berlangsung di Ruang Cine Club Ki Ageng Suryamentaram FBSB UNY, bertujuan untuk memperkuat keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan bahasa sebagai alat pemasaran yang efektif.
Baca Juga:Polbangtan Kementan Dorong Pompanisasi di Cileungsi, Harapan Baru untuk Peningkatan Produksi Padi IndonesiaWisuda Nasional Polbangtan dan PEPI: Mencetak Generasi Pembaharu Pertanian Indonesia
Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Dr Else Liliani, secara resmi membuka acara tersebut.
UMKM diketahui sebagai pilar utama ekonomi Indonesia, termasuk di DIY.
Namun, dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era digital, banyak UMKM yang masih menghadapi tantangan, terutama dalam aspek pemasaran dan penggunaan bahasa yang tepat.
Kemampuan berbahasa yang baik, baik dalam bahasa Indonesia maupun asing, sangat penting untuk memperluas jangkauan pasar.
Menanggapi tantangan ini, Prodi Linguistik Terapan UNY hadir dengan solusi praktis.
Menggabungkan teori linguistik dengan praktik bisnis, program ini memberikan pelatihan dan konsultasi yang relevan bagi UMKM.
Workshop ini merupakan salah satu wujud konkret kontribusi Prodi Linguistik Terapan dalam memberdayakan UMKM.
Ketua Panitia yang juga Kaprodi Linguistik Terapan, Dr Yeni Artanti, menyatakan bahwa workshop ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM di DIY dalam menggunakan bahasa untuk branding produk atau jasa mereka.
Baca Juga:Ingin Untung Besar? bank bjb Tawarkan Kupon Menggiurkan di Sukuk Ritel SR021Menggali Potensi Besar Industri Cat di Indonesia, Mengukir Peluang di Pasar Global
Dengan demikian, UMKM dapat lebih percaya diri bersaing di pasar yang lebih luas, baik lokal maupun internasional.
Workshop ini menyajikan berbagai materi yang menarik, termasuk topik tentang ”Bahasa Bisnis dan Branding untuk UMKM.”
Materi ini disampaikan oleh pakar marketing, Aef Nandy Setiawan, dan spesialis copywriting untuk marketing, Vivit Wijayanti.
Selain itu, para pemateri juga berbagi tips dan trik dalam menyusun copywriting yang efektif untuk promosi produk.
Workshop ini secara khusus ditujukan untuk pelaku UMKM di wilayah DIY, dengan total 73 peserta yang hadir.