Masih Kosong, Siapa yang Akan Menduduki Kursi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis?

DPRD ciamis
ilustrasi: net
0 Komentar

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Setelah 50 anggota DPRD Kabupaten Ciamis periode 2024-2029 resmi dilantik pada Senin 5 Agustus 2024, kursi Ketua dan Wakil Ketua DPRD masih kosong dan belum diisi.

Untuk sementara, posisi Ketua DPRD Kabupaten Ciamis dijabat oleh Oih Burhanudin dari Fraksi PDI Perjuangan, dan Wakil Ketua DPRD oleh Komar Hermawan.

Selain itu, DPRD Kabupaten Ciamis juga telah membentuk fraksi-fraksi berikut:

Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PAN, Fraksi Gerindra Plus, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PKS, Fraksi PKB, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PPP, dan Fraksi NasDem.

Baca Juga:Majelis Masyayikh dan Pimpinan Ponpes se-Kota Tasikmalaya Deklarasikan Dukungan pada KH Aminudin untuk PilkadaBau Tidak Sedap dari Alokasi Rp 913 Juta untuk Seragam Linmas di Kota Tasikmalaya

Untuk menentukan siapa yang pantas menduduki kursi Ketua dan Wakil Ketua DPRD, perolehan suara partai-partai pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 menjadi acuan. Berikut perolehan suara dan jumlah kursi masing-masing partai:

PDI Perjuangan mendapat 118.641 suara dan 7 kursi,

PAN mendapat 100.269 suara dan 7 kursi,

PKS mendapat 92.583 suara dan 5 kursi,

Gerindra mendapat 82.314 suara dan 6 kursi,

PKB mendapat 70.048 suara dan 5 kursi,

Golkar mendapat 68.833 suara dan 5 kursi,

Demokrat mendapat 63.518 suara dan 6 kursi,

PPP mendapat 58.771 suara dan 4 kursi,

NasDem mendapat 44.681 suara dan 4 kursi,

serta PBB mendapat 18.925 suara dan 1 kursi.

Dengan data tersebut, PDI Perjuangan memiliki peluang besar untuk mengisi posisi Ketua DPRD, sementara PAN, PKS, dan Gerindra berpotensi mengisi posisi Wakil Ketua DPRD.

Pengamat Politik Kabupaten Ciamis, Sumadi, menilai bahwa perebutan kursi Ketua dan Wakil Ketua DPRD sangat tergantung pada koalisi politik di daerah.

“Yang berpeluang adalah PDI Perjuangan, PAN, PKS, dan Gerindra,” katanya kepada Radartasik.id pada Minggu 18 Agustus 2024.

Untuk jabatan Ketua DPRD, Oih Burhanudin dan Yogi Permadi dari PDI Perjuangan adalah nama calon yang beredar.

Kendati begitu menurut Sumadi, keputusan akhir tetap harus menunggu SK rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan.

“Dari fraksi PDI Perjuangan, baik Yogi sebagai kader muda dengan suara meyakinkan maupun Oih yang berpengalaman, keduanya perlu dipertimbangkan untuk posisi Ketua DPRD Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Fatkhur Rizqi)

0 Komentar