Pemerintah Desa Taraju Tasikmalaya Bangun Jalan Lingkungan dan Tembok Penahan Tebing

pemerintah desa taraju
Pemerintah Desa Taraju saat melaksanakan rapat membahas pelaksanaan atau realisasi Dana Desa Tahun 2024, Senin (12/8/2024). (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Pemerintah Desa Taraju di Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, terus membangun jalan lingkungan dan tembok penahan tebing (TPT) dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2024.

Melalui rapat desa yang rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali, Pemerintah Desa Taraju bersama RT/RW, lembaga-lembaga desa, Karang Taruna, BUMDes dan aparatur desa, membahas pelaksanaan DD Tahap I yang sudah selesai.

Kepala Desa Taraju Andriana mengatakan, untuk persiapan menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-79, pemerintah desa mempersiapkan kegiatan perlombaan 17 Agustus dan upacara bendera.

Baca Juga:Mencari Pengganti, Airlangga Hartarto Mengundurkan Diri dari Jabatan Ketua Umum DPP Partai GolkarKebanggaan Papua Barat Daya, Rachel Rieva Bodori Siap Kibarkan Sang Merah Putih di IKN

”Nanti akan terpusat upacara benderanya di Lapangan Baleker di Desa Taraju, yang diikuti oleh empat desa yaitu Taraju, Banyuasih, Singasari dan Raksasari,” terang Andriana kepada Radartasik.id, Senin (12/8/2024).

Sementara itu, lanjut dia, untuk DD Tahap I yang sudah dilaksanakan tahun ini adalah pembangunan jalan lingkungan di tiga kedusunan. Kemudian, ada TPT di satu kedusunan.

Menurutnya, untuk pembangunan jalan lingkungan dengan rabat beton dan hotmix manual. Sementara untuk TPT bentuknya tembok penahan di saluran air biasa agar tidak longsor.

”Dampak keberadaan jalan lingkungan ini bisa menghubungkan antar desa, memperlancar sarana transportasi antara dua desa dan mempermudah akses masyarakat menuju lahan pertanian sawah dan perkebunan,” ujarnya, menjelaskan.

”Kalau TPT itu bermanfaat untuk penahan saluran air biasa agar tidak longsor. Sehingga ketika hujan, tidak erosi,” tambah dia.

Sekretaris Desa Taraju Dadan H menambahkan, pembangunan jalan lingkungan ini merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Dengan adanya jalan yang baik, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mempermudah akses masyarakat,” ujarnya, menambahkan. (Diki Setiawan)

0 Komentar