Aktivis Minta Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran yang Baru Dilantik Lebih Kritis, Pelototi Keuangan

anggota dprd kabupaten pangandaran yang baru dilantik
Aktivis mahasiswa Kabupaten Pangandaran Tian Kadarisman. (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

PANGANDARAN, RADARTASIK.ID – Aktivis mahasiswa di Kabupaten Pangandaran meminta para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang baru dilantik agar menjalankan kewajiban serta lebih kritis terhadap kebijakan pemerintah kabupaten (pemkab).

Aktivis mahasiswa Pangandaran Tian Kadarisman mengharapkan, seluruh anggota DPRD Kabupaten Pangandaran yang baru dilantik dapat menjalankan seluruh kewajibannya hingga masa jabatan berakhir.

Lanjut dia, seluruh dewan yang terpilih harus mampu menyerap aspirasi dan menjembatani permasalahan yang kerap dialami masyarakat Kabupaten Pangandaran. ”Jangan sampai saat kampanye saja mereka mau turun dan janji macam-macam, pas sudah dilantik jadi lupa. Jika hal itu terjadi maka rakyat lah yang akan bersuara,” katanya kepada Radartasik.id, Selasa, 6 Agustus 2024.

Baca Juga:Lagu ”Sekecewa Itu” Viral, Ini Makna yang Terkandung di dalamnya Menurut Angga CandraKilas Balik Sejarah! BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka Setelah 55 Tahun

Dia mengatakan, dilantiknya anggota dewan terpilih dapat membantu masyarakat menyelesaikan masalah khususnya mengenai layanan publik seperti akses pendidikan, kesehatan dan mendorong adanya pembukaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran.

Kalau melihat Kabupaten Pangandaran saat ini dengan defisit yang cukup besar, maka legislatif harus bisa memberikan solusi terbaik untuk pengembangan Kabupaten Pangandaran ke depannya dan anggota DPRD juga harus meneliti dan mengawasi setiap keuangan yang berputar di pemerintahan khususnya APBD. ”Intinya tata kelola keuangan Kabupaten Pangandaran harus diawasi dan dikritisi, jika memang terjadi penyimpangan,” ucapnya.

Dia pun yakin, mereka sudah paham tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD. Ketika mereka tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya, jangan kaget jika masyarakat Kabupaten Pangandaran tidak akan tinggal diam. ”Tidak ada salahnya ketika wakil rakyat salah, ya rakyatnya bersuara,” terangnya.

Aktivis asal Padaherang Eful Safulah juga berharap anggota dewan yang baru bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pejuang aspirasi masyarakat. ”Ya setelah dilantik, jangan langsung tidur,” ucapnya.

Menurut dia, selama ini ia melihat fungsi pengawasan dewan masih kurang. Dengan demikian, untuk anggota DPRD yang baru, harus dimaksimalkan. ”Ya terutama soal pengawasan pembangunan di Pangandaran,” ujarnya. (Deni Nurdiansah)

0 Komentar