Metodologi Pembelajaran Inovatif, Langkah SMP Negeri 8 Tasikmalaya Menuju Lulusan Berkarakter

SMP Negeri 8 Tasikmalaya
Kepala SMP Negeri 8 Tasikmalaya, Abdul Falah SAg MPdI bersama para guru kompak berfoto bersama di lapangan sekolah. (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – SMP Negeri 8 Tasikmalaya terus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kompetensi guru dengan mengadakan workshop pendidikan pada awal Juni 2024. 

Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para guru tentang metodologi pembelajaran, dengan mendatangkan pemateri dari pengawas sekolah SMPN 8 Tasikmalaya dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Abdul Falah SAg MPdI, Kepala SMP Negeri 8 Tasikmalaya, menjelaskan bahwa workshop ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam hal peningkatan rapor pendidikan. 

Baca Juga:Daya Group dan PMI Kota Bandung Rayakan Hari Donor Darah Sedunia dengan Aksi Donor Darah MassalRevolusi Baru AHM di Dunia Big Bike, Mengenal New Rebel 1100

Menurut dia, fokus tahun ini di SMPN 8 Tasikmalaya adalah pada peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan metodologi pembelajaran yang beragam.

Falah menyampaikan bahwa pendekatan saat ini menekankan pada diferensiasi pembelajaran, di mana guru tidak hanya mengajar tetapi juga berusaha untuk mengenali karakteristik siswa. 

Salah satu inovasi adalah penggunaan ice breaking dalam proses pembelajaran, yang bertujuan untuk menghindari kejenuhan siswa.

”Maka lewat workshop ini guru bisa memperkaya metodologi dalam pembelajaran,” ungkap Falah kepada Radartasik.id, Kamis, 20 Juni 2024.

Dalam konteks metodologi pembelajaran dan penilaian rapor pendidikan, Falah menekankan pentingnya penilaian terhadap literasi, numerasi, karakter, serta model penyampaian materi yang efektif.

”Kita berharap dengan kompetensi guru yang bagus, berdampak terhadap lulusan yang berkarakter baik dan berprestasi. Termasuk mewujudkan impian dan moto juang SMPN 8 yaitu Nedeltas Bahagia,” ungkapnya.

Furqon SPd, Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana, menambahkan bahwa keharmonisan di antara semua warga sekolah memainkan peran penting dalam menjalankan tugas mereka dengan efektif di berbagai bidang.

Baca Juga:Kementerian Pertanian Siapkan Strategi Menghadapi Musim Kemarau PanjangKembangkan Bakat Milenial, Polbangtan Kementan Raih Prestasi di Ajang KOMIKA 2024

Dengan menjaga keharmonisan ini, SMPN 8 Tasikmalaya dapat mencetak lulusan yang berkarakter baik dan siap menghadapi tantangan di masa depan. (Fitriah Widayanti)

0 Komentar