Tangani Hipertensi, Mahasiswa Unsil Ajari Ibu-Ibu di Sukamaju Kaler Buat Infused Water

infused water
Ibu-ibu Posyandu di Kelurahan Sukamaju Kaler diedukasi mengatasi Hipertensi dengan cara membuat Infused Water. (Ayu Sabrina/Radartasik.id)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Tujuh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi, memberikan edukasi membuat infused water kepada 80 ibu kader Posyandu, di Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, pada Rabu 29 Mei 2024.

Astagina Parahita, begitulah mereka menamai kelompok dari mahasiswa itu. Mereka melakukan pengecekan pada warga, untuk mendata kerentanan penyakit di daerah tersebut.

Hasilnya, 172 warga kedapatan mengidap hipertensi. Guna menangani masalah itu mereka pun memberikan kesempatan para warga untuk bergerak aktif, lewat program “Gali Potensi” atau Gerakan Peduli Kelompok Hipertensi. Para ibu kader Posyandu, diberikan penyuluhan cara membuat air rasa buah atau infused water.

Baca Juga:Petani Kota Tasikmalaya Frustasi Tanaman Padinya Diserang Hama WerengUlama Banjar Sepakat Dukung Supriana Maju Pilkada

“Sebelum kegiatan, pagi kita senam Hipertensi dulu bersama ibu-ibu kader Posyandu. Kemudian dilanjut pembukaan launching program Gali Potensi. Kemudian pemaparan materi juga,” kata Nurazmi Syahla, ketua kelompok.

Ia menjelaskan program dari mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan itu bertujuan mewujudkan suatu program kesehatan yang kreatif dan inovatif melalui kerja sama tim yang kuat. Serta memberikan dedikasi secara penuh untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Mereka menjalin kerjasama dengan Puskesmas Indihiang,membuat suatu program yang dapat menyelesaikan atau menanggulangi masalah kesehatan yang ada di Kelurahan Sukamaju Kaler.  

“Sehingga diharapkan, dengan adanya program yang kami buat nanti dapat memberikan kontribusi secara langsung dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kelurahan Sukamaju Kaler,” terangnya.

Mereka mengedukasi pada para ibu tersebut, untuk menjaga pola hidup sehat. Salah satunya dengan memastikan asupan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Ifused water bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Infused water adalah air putih yang dicampurkan buah-buahan, sayuran, hingga rempah, guna mendapatkan rasa air yang lebih segar. (Ayu Sabrina B)

0 Komentar