Dorong Minat Baca dan Literasi, Dipuspida Gelar Pameran Buku di Halaman Kantor

minat baca
Pameran buku di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Dalam rangka mengembangkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah (Dipusipda) Kota Tasikmalaya menggelar pameran buku, Jumat (17/11/2023).

Sejumlah buku dipajang di halaman kantor dalam pameran bertajuk Out of The Box Tasikmalaya 2023 itu.

“Ini acara diselenggarakan oleh penerbit buku Mizan dari Bandung kerjasama dengan kita. Jadi mereka menyerahkan, mereka hanya ikut di halaman kita, tapi ini luar biasa,” ucap Plt Kadisdipusipda Kota Tasikamalaya, Noneng Rosmayanti pada Jumat (17/11/2023) siang.

Baca Juga:Motor Listrik Kawasaki Ninja E-1 dan ZE-1 Dikenalkan ke Publik, KMI Serius Garap Elektrifikasi?Biografi Singkat Korban Kecelakaan Pesawat Super Tucano di Pasuruan

Noneng menuturkan, kegiatan itu dilaksanakan selama sebulan ke depan sampai tanggal 11 Desember 2023.

Tujuannya mendukung pemerintah meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Beragam buku dihadirkan dari mulai terbitan lokal, hingga internasional dengan kategori edukatif dan hiburan.

“Kami bergandeng tangan dengan penerbit. Bagaimana kegiatan ini bisa untuk mendorong minat baca dan literasi,” kata Noneng.

Menurutnya tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan saat ini mengalami peningkatan dibanding pada saat gedung perpustakan masih berada di Rumah Perkantoran di Jalan Ir Juanda, Kecamatan Indihiang.

“Setelah pindah ke lokasi di sini, tingkatkan kunjungan ya perpustakan ini walaupun tidak signifikan tapi ada peningkatan. Bahkan kalau lagi banyak, perlunya perluasan lahan lagi,” kata dia.

Sementara itu, Asisten Daerah Bidang Kesra dan Pemerintahan Kota Tasikmalaya H Riza Setiawan mengungkapkan minat baca daerah harus terus didongkrak. Supaya tidak kalah dengan bangsa lain yang sudah lebih maju.

“Pemkot Tasikmalaya terus menggembor-gemborkan untuk masyarakat mau membaca. Ini kita ketahui bahwa dengan membaca apapun juga bisa berkompetitif dengan orang atau bangsa lain,” kata Riza.

Baca Juga:Nonton Coldplay Tanpa Tiket, Dua Perempuan Muda Ini Ngaku “Ketipu”Singkirkan Apple dari Daftar Produk Terlaris Tiongkok, Huawei, Xiaomi, dan Honor Merajai

Secara data, Riza menyebut, pihaknya belum ada penelitian indeks minat baca di Kota Tasikmalaya. Hanya saja, dari pemerintah terus mendorong agar masyarakat mempunyai minat baca yang tinggi. “Baca itu bukan hanya baca buku, antara lain koran, baca yang ada informasi supaya pengetahuan lebih luas,” ujar Riza. (*)

0 Komentar