Siswa SMK Al-Khoeriyah Tasikmalaya Belajar Demokrasi Melalui Pemilihan OSIS

SMK Al-Khoeriyah
Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMK Al-Khoeriyah Tasikmalaya Masa Bakti 2023-2024 foto bersama usai pemilihan.
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Siswa di SMK Al-Khoeriyah Tasikmalaya belajar demokrasi dengan cara melaksanakan Pemilihan Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2023-2024, Sabtu (28/10/2023).

Para siswa belajar demokrasi melalui pemilihan ketua OSIS dan MPK yang diselenggarakan oleh sekolah. Acara ini sangat dinantikan oleh seluruh warga sekolah karena ini merupakan sebuah hajat besar.

Yang juga salah satu pembelajaran demokrasi yang diikuti oleh seluruh pihak, tidak hanya oleh peserta didik akan tetapi juga oleh guru, staff pendidik dan tenaga kependidikan.

Baca Juga:Alhambra Hotel & Convention Gelar Corporate and Government Gathering, Dekatkan Diri dengan StakeholderTingkatkan Literasi Keuangan, OJK Jawa Barat Sukses Menggelar Bulan Inklusi Keuangan 2023 di Pangandaran

Pembina OSIS SMK Al-Khoeriyah Tasikmalaya Novia Nuryani SPd menjelaskan, siswa-siswi mengikuti ajang demokrasi melalui pemilihan ketua OSIS dan MPK.

Adapun OSIS merupakan satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah dan induk dari semua ekskul, yang tentunya haruslah berorientasi ke depan dan dapat mengekspresikan semua potensi, bakat dan keunikan peserta didik SMK.

“OSIS bukan sebagai tempat untuk bergaya, karena merasa punya kekuasaan saat menjadi pengurus. Bagi peserta didik yang tidak menjadi pengurus OSIS, bisa menyampaikan aspirasi melalui MPK majelis perwakilan kelas atau MPK,” jelas Novia, kepada Radar.

Dengan dilaksanakannya pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS/MPK, dia berharap semoga mampu menciptakan kader-kader pemimpin muda yang kuat mental, spiritual, inspiratif, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.

Dia menyebutkan, terdapat dua pasangan calon ketua dan wakil ketua osis, serta dua pasangan calon ketua MPK dan wakil ketua MPK yang telah mengikuti seleksi ketat hingga terpilih menjadi kandidat.

“Tidak hanya dinilai berdasarkan prestasi akademiknya saja tapi juga penilaian karakter dan kinerja yang mereka miliki dan dianggap mampu mengayomi serta bertanggung jawab terhadap tugas dan wewenangnya,” paparnya.

Pada akhirnya, setelah dilaksanakan pemilihan terpilih empat orang yang dua orang menjadi ketua dan wakil ketua OSIS. Dan dua orang ketua dan wakil ketua MPK. “Ada tiga orang laki-laki dan ada satu keterwakilan siswa perempuan,” ujarnya.

Baca Juga:SMA Al-Muttaqin Bentuk Generasi Intelek, Tangguh dan MandiriDadaha Kreatif Festival Tasikmalaya Majukan UMKM

Kepala SMK Al-Khoeriyah Maman MH berharap kepada siswanya yang terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS dan MPK bisa membawa kemajuan bagi sekolah termasuk menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

0 Komentar