Dadaha Kreatif Festival Tasikmalaya Majukan UMKM

Dadaha
Pedagang UMKM makanan, pakaian dan aksesoris berjualan di Dadaha Kreatif Festival (Dakfes) di Komplek Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya.
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-22, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tasikmalaya termasuk wilayah Priangan Timur sekitarnya diberikan ruang berjualan di Dadaha Kreatif Festival (Dakfes) Kota Tasikmalaya Culinary & Fashion Fest, Jumat (27/10/2023).

Acara festival ini digelar dan berlangsung selama tiga hari Jumat hingga Minggu (27-29/10/2023). Kegiatan resmi sudah dibuka oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk menarik minat dan daya beli masyarakat sehingga membantu pedagang UMKM.

Kegiatan pesta rakyat ini akan digelar di Komplek Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya. Tema besar yang diangkat di tahun pertama ini adalah “UMKM Kuat, Kota Tasikmalaya Berdaulat”.

Baca Juga:Wuling Almaz Hybrid Hemat Bahan BakarSiswa SDN Dadaha Tasikmalaya Antusias Ikut ANBK

Berbagai kegiatan dan hiburan untuk masyarakat disajikan dalam acara festival ini seperti  pameran produk unggulan, fashion show, santunan anak yatim dan bazar kuliner.

Termasuk bazar fashion, permainan anak, live musik, lomba drum band, senam, pasanggiri jaipongan, pelayanan kesehatan gratis, wayang golek bodoran, dan helaran budaya.

Salah UMKM Dadaha Kreatif Festival (Dakfes) Asal Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya Novan Nur Aziz (24) menuturkan, acara Dafkes ini tentunya merupakan kabar baik bagi para pelaku UMKM di Tasikmalaya karena pemerintah memberikan kesempatan untuk dapat menjadi bagian dari Dakfes.

Penyelenggara, kata dia, membuka booth untuk kuliner, fashion dan craft. Fasilitas yang disediakan oleh penyelenggara berupa booth berukuran 2×2 dengan harga Rp 350.000 berikut kaos, payung geulis dan benner.

“Ada booth berukuran 3×3 dengan harga Rp 1 juta berikut kaos, payung geulis, dan benner. Kebetulan saya berjualan di stan Bakso Sambel Khas Garut, di Dafkes ini dan lumayan banyak peminatnya. Saya juga berjualan di ruko Paseh dekat rumah ada ruangan,” ujar Novan, kepada Radar.

Dia menyebutkan, dalam Dafkes yang dibuka oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya, dalam rangka hari jadi ke-22 ini, sangat mempermudah dan menguntungkan UMKM.

“Memberikan ruang kepada para pedagang atau UMKM kecil di Tasikmalaya. Jadi disediakan stan, dan masing-masing pedagang punya dagangannya sendiri,” tuturnya.

0 Komentar