Pertunjukan Wayang Golek “Kang Ganjar” Sedot Perhatian Warga Ciamis

Pertunjukan Wayang Golek "Kang Ganjar" Sedot Perhatian Warga Ciamis
Pertunjukan Wayang Golek "Kang Ganjar" di Lapang Sindangkasih Kabupaten Ciamis Foto: Fatkhur Rizqi
0 Komentar

Kader PDIP Perjuangan Ida Nurlaela Wiradinata mengapresiasi pagelaran wayang golek “Kang Ganjar”. Menurutnya wayang golek merupakan seni budaya yang sarat pesan dan makna, juga menjadi kesukaan warga Jawa Barat.

Ketokohan “Kang Ganjar” pada pertunjukkan ini dinilai Pas untuk cerita pewayangan yang memiliki sosok berkarakter.

“Kami juga berharap pimpinan ke depannya bisa seperti sosok Kang Ganjar. Karena memiliki karakter lebih unggul, lebih hebat sehingga lebih maju lagi,” harapnya.

Baca Juga:Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Diprediksi Habis April 2024, Ini Indikatornya!Capaian Retribusi Parkir Berlangganan di Kabupaten Ciamis Masih Jauh dari Target

Indonesia, kata dia, harus bersiap menghadapi bonus demografi tahun 2045, akibat lonjakan penduduk usia produktif. Maka butuh pemimpin yang bisa mengelola pendidikan dengan baik agae generasi masa depan benar-benar berkualitas.

“Harapan besar punya pemimpin yang lebih baik lagi, sebab kebutuhan saat ini untuk mempersiapkan bonus demografi tahun 2045,” ucapnya.

Senada, Kader PDI Perjuangan lainnya, Ika Siti Rahmatika, mengapresiasi kepada jajaran panitia dan tim bisa menyelenggarakan wayang golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur di Kabupaten Ciamis. Dengan begitu, bisa mendengar petuah-petuah atau nasehat.

“Karena didalam pewayangan ini adalah bagian pesan agama yang memiliki petuah,” katanya.

Selanjutnya ternyata juga diselenggarakan ini, mendapatkan animo dari masyarakat untuk melihat wayang golek Kang Ganjar.

“Ternyata bayak juga masyarakat tetap semangat dan berjuang melihat wayang golek Kang Ganjar. Sekaligus bisa sosialisasi Ganjar, sehingga bisa menjadi inspirasi kita semua,”ujarnya.

Salah satu pengunjung, Agus Sandi mengaku sudah puluhan tahun tak pernah lagi menonton pertunjukan wayang golek di Sindangkasih.

Baca Juga:Ayam Sentul: Endemik Asli Kabupaten Ciamis yang TerlupakanHasil Seleksi Administrasi PPPK Kabupaten Ciamis: 696 Orang Tak Lolos

Namun, sekarang, “Kang Ganjar” memberikan kesempatan kepada warga Tatar Galuh, khususnya di Sindangkasih untuk menikmati kembali seni Wayang Golek dan karakter-karakternya.

“Saya sangat terkesan, terima kasih Pak Ganjar sudah memberikan pengalaman yang berkesan bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Selain menghibur, pagelaran ini juga memberikan pendidikan tentang seni budaya tradisional Indonesia,” katanya. (*)

0 Komentar