Ayam Sentul: Endemik Asli Kabupaten Ciamis yang Terlupakan

ayam sentul
Ayam Sentul foto: Fatkhur Rizqi/radartasik.id
0 Komentar

“Sedangkan target untuk 6 bulan sekitar 17.000 ekor DOC,” ujarnya.

Kemudian, melakukan FGD dan bimbingan teknis kepada peternak ayam agar mereka mendapatkan nilai ekonom yang lebih baik dari aktivitas peternakan yang dilakukan.

“Ketika dilihat ternyata memelihara ayam sentul. Sehingga dari peternak sebetulnya sudah banyak, tetapi belum mengakui bahwa yang dibudidayakan adalah ayam sentul,” katanya.

Kemudian, Disnakan melakukan cipta masakan kreasi dari ayam sentul dengan menggandeng Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan rumah makan yang berada di 27 kecamatan. Arahnya agar rumah makan di Kabupaten Ciamis ini bisa membranding olahan makanan ayam sentul.

Baca Juga:Hasil Seleksi Administrasi PPPK Kabupaten Ciamis: 696 Orang Tak LolosSoal Ruangan Anggota DPRD Ciamis Kosong Minggu Lalu, Ini Penjelasan BK

“Sebetulnya masakan ayam Sentul ini banyak di Kabupaten Ciamis, tetapi rumah makan belum berani membuat branding. Dengan adanya cipta kreasi dari ayam sentul di rumah, makannya bisa membuat menu ayam sentul,” ujarnya.

Sedangkan untuk segi harga ayam sentul bersaing Rp 40.000 per kilogram dengan jenis ayam lainnya.

Lalu untuk pakan pun dari hayati seperti kangkung, bayam, dan lainnya, tidak tergantung sama pur ayam pabrik. Sehingga daging ayamnya pun lebih empuk.

Wakil Bupati Ciamis, H Yana D Putra, mengingatkan tahun 90-an, Ciamis adalah sentra ayam, khususnya ayam ras yang dikenal dengan ayam sentul. Kabupaten Ciamis mencapai puncak kejayaan dalam industri ayam sentul pada masa tersebut.

“Namun, seiring berjalannya waktu, pengembangan ayam sentul ini mengalami penurunan,”katanya.

Dengan adanya penurunan itu, pemerintah Kabupaten Ciamis terus melakukan sosialisasi dan gebyar ayam sentul, yang merupakan ayam endemik asli Ciamis. Tentunya dapat dipopulerkan kembali.

“Agar ayam sentul di Kabupaten Ciamis dapatkan kejayaan pada tahun 90 an. Kita perlu fokus melakukan pemeliharaan ayam sentul, dan berkomitmen untuk meningkatkan industri ini mulai dari hulu hingga hilir,”ujarnya.

Baca Juga:RAPBD Ciamis 2024: Pendapatan Daerah Tak Sebanding KebutuhanTotal Hibah Keagamaan Kabupaten Ciamis 2023 Rp 47,58 Miliar, Kabag Kesra: Jangan Percaya Siapapun Minta Potongan

Selanjutnya, Ia juga mengharapkan para pengelola rumah makan di Ciamis bisa memasukkan ayam sentul sebagai menu khasnya. (*)

0 Komentar