TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Lahirnya UU No 6 Tahun 2014 tentang Otonomi Desa, memberikan peluang kepada pemerintahan desa untuk mengelola pendapatan desa secara otonom.
Dalam upaya meningkatkan pendapatan asli desa dari sektor wisata, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya telah mendeklarasikan diri sebagai Desa Wisata.
Desa Cidugaleun memiliki banyak potensi wisata yang layak untuk dikembangkan namun kurang populer di kalangan masyarakat Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, apalagi Jawa Barat dan Indonesia.
Baca Juga:Teknisi Sepeda Motor Honda Indonesia Adu Skill di Kompetisi Tingkat DuniaSMK Perwari Kota Tasikmalaya Juara Tata Boga Kedua se-Priangan Timur
Oleh karena itu diperlukan kemampuan mitra dalam hal promosi dan pemasaran secara digital yang menarik, tepat dan akurat di berbagai platform media sosial yang sedang populer saat ini.
Terletak di kaki gunung Galunggung, desa Cidugaleun memiliki potensi wisata yang besar, dengan suhu udara yang sejuk dan pemandangan yang menarik berlatar gunung Galunggung. Berjarak sekitar 13 Km dari Singaparna, 30 Km dari Pusat Kota Tasikmalaya, Desa Cidugaleun sudah memiliki akses jalan yang cukup bagus namun cenderung kecil tapi masih bisa dilalui oleh mobil sekelas sedan dan MPV, sedangkan bis ukuran besar tidak bisa.
Jumlah Kepala Keluarga pada tahun 2022 berdasar data pokok desa Kemendagri adalah sebanyak 1994 KK dan 997 KK (50%) diantaranya tergolong dalam keluarga Pra Sejahtera.
Melalui Program Pengabdian Pada Masyarakat skema Pemberdayaan Masyarakat Pemula, kampus STMIK DCI Tasikmalaya yg didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Karang Taruna Giri Mukti Desa Cidugaleun melaksanakan kegiatan Promosi dan Pemasaran Digital Desa Wisata Cidugaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.
Kegiatan ini diketuai oleh dosen STMIK DCI Tasikmalaya Agus Ramdhani Nugraha MT dengan dua anggota Asep Saepuloh ST MKom dan Andri Sukmaindrayana ST MKom. Serta dua orang anggota dari kalangan mahasiswa yaitu Jajang Nurjaman dan Muhamad Ridwan Abdul Azis. Keduanya dari Mahasiswa Teknik Informatika STMIK DCI.
Agus Ramdhani Nugraha MT mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan promosi dan pemasaran secara digital yang menarik, tepat dan akuran di berbagai media populer agar jumlah wisatawan yang datang ke desa cidugaleun meningkat.